Enrolment options
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
NN-NN
Deskripsi: SELASA Jam 15.45 sd 19.55 WIB
Mata
kuliah ini megkaji tentang pengambilan keputusan bisnis dalam kondisi risiko
dan ketidakpastian yang dilakukan dengan mengkaplikasikan teori ekonomi dan
alat analisis (matematika dan ekonometrika) yang terintegrasi dengan
konsep-konsep akuntansi, keuangan, pemasaran, dan strategi kompetitif.
Pembahasan dimulai dari lingkup ekonomi manajerial. Selanjutnya diikuti dengan
: (1) analisis permintaan yang mengkaji pengambilan keputusan dalam menyikapi
perilaku konsumen dalam memilih produk dan mengestimasi sekaligus meramalkan
permintaan produk tersebut. (2) analisis produksi dan biaya yang menelaah
pengambilan keputusan dalam menyediakan produk yang diminta konsumen dengan
biaya minimum. (3) pengambilan keputusan strategis yang mencangkup materi : (a)
struktur pasar dalam lingkup pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar
persaingan monopolistik dan pasar oligopoli. (b), penetapan harga produk yang
membahas pengambilan keputusan dalam menetapkan harga produk dengan
mempertimbangkan persaingan pasar. (c), analisis risiiko yang menelaah
pengambilan keputusan dalam kondisi risiko dan ketidak pastian, dan (d),
penganggaran modal yang meliputi pembahasan Kaidah payback, Internal Rate
return (IRR), dan Net Present Value (NPV).
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat mendeskripsikan hakikat dan ruang lingkup ekonomi manajerial
Mahasiswa dapat mendeskripsikan hakikat teori perusahaan dan hubungannya dengan ekonomi manajerial
Mahasiswa dapat mengidentifikasi pendekatan dalam perilaku konsumen
Mahasiswa dapat menganalisis fungsi permintaan
Mahasiswa dapat menganalisis fungsi produksi
Mahasiswa dapat menganalisis fungsi biaya
Mahasiswa memahami struktur pasar
Mahasiswa dapat mendiskripsikan penetapan harga produk pada empat struktur pasar dasar dan metode-metode penetapan harga produk dan praktik
Lincolin, Arsyad.2000. Ekonomi Manajerial, Ekonomi Mikro Terapan Untuk Manajemen Bisnis, BPFE Yogyakarta.
Dominic, Salvatore.2005. Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian Global, I&II Salemba Empat, Jakarta.,
Henry Faizal Noor, 2007. Ekonomi Manajerial, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Muslich.2003. Ekonomi Manajerial Alat Analisis Strategi dan Kebijaksanaan Bisnis, Ekonisia, Yogyakarta.
- Teacher: Arief Noviarakhman Zagladi