Pilihan pendaftaran
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Garis-garis besar materi perkuliahan sebagai berikut: 1) konsep penelitian dan pendidikan, 2) topik-topik penelitian dalam dunia pendidikan, kajian penelitian pendidikan, 3) jenis-jenis penelitian pendidikan, 4) merancang penelitian pendidikan 5) melaksanakan penelitian pendidikan 6) mengomunikasikan hasil penelitian pendidikan 7) menulis jurnal hasil penelitian pendidikan.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa mampu menjelaskan prosedur dan ragam jenis penelitian yang dapat dikembangkan dalam penelitian pendidikan.
Mahasiswa mampu merancang dan melaksanakan penelitian pendidikan yang sistematis, tepat guna, dan memiliki nilai kebermanfaatan.
Mahasiswa dapat menerapkan sikap kritis, jujur, dan memiliki kepedulian sosial dalam melakukan penelitian guna mengembangkan dunia pendidikan .
Lodico, Marguerite G., Dean T. Spaulding, dan Katherine H. Voegtle. 2006. Methods in Educational Research from Theory to Practice. USA: Jossey – Bass.
Drew, Clifford J., Michael L. Hardman, dan John L. Hosp, John L. 2017. Penelitian Pendidikan: Merancang dan Melaksanakan Penelitian Pada bidang Pendidikan. Yogyakarta: Indeks.
Cresswell, J.W. 2008. Educational Research: Planning, Conductiong, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. New York: Pearson Merril Prentice Hall.
Cresswell, J.W.2010. Research Design:Qualitative& Quantitative Approaches. London: SAGE Publicational.
Gall, M.D. et al. 2001. Educational Research: an Introduction. New York: Allyn and Bacon.
Hopkins, D. (2008). A Teacher’s guide to Classroom Reseach.Buckingham: Open University Press.
- Pengajar: Joan Hesti Gita Purwasih