Enrolment options

Tahun Akademik:
Gasal 2021/2022
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:

Garis-garis besar materi perkuliahan sebagai berikut: 1) konsep evaluasi, penilaian, dan pengukuran, 2) fungsi evaluasi, 3) taksonomi dalam evaluasi, 4) teknik penilian, 5) penyusunan alat evaluasi/penilaian, 6) analisis instrumen evaluasi hasil belajar, 7) penilaian hasil belajar oleh pemerintah dan satuan pendidikan, 8) praktik menyusun hasil evaluasi belajar, 9) analisis hasil evaluasi belajar.


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menjelaskan konsep hingga prosedur penilaian dalam kurikulum yang berlaku sehingga mampu mengembangkan proses pembelajaran dan sikap disiplin.

  • Mahasiswa mampu menganalisis ragam instrumen penilaian secara kritis sehingga mampu memanfaatkannya dalam pembelajaran secara otentik.

  • Merancang ragam instrumen dengan kritis dan teliti sehingga dapat mengevaluasi capaian pembelajaran.   

  • Menerapkan evaluasi pembelajaran secara sistematis, jujur, dan disiplin sehingga dapat memberikan rekomendasi pengembangan pembelajaran.

Daftar Pustaka:
  • Astiti, Kadek Ayu. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

  • Pratiwi, P.H., Hidayah, N. dan Martiana, A., 2017. Pengembangan modul mata kuliah penilaian pembelajaran sosiologi berorientasi HOTS. Cakrawala Pendidikan, (2).

  • Sary, Yessy Nur Endah. 2015. Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

  • Uno, Hamzah B., dan Koni, Satria. 2016. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.

  • Yusuf, Muri. 2017. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Self enrolment (Student)