Pilihan pendaftaran
Genap 2018/2019
Kelas-Offr:
C8-AUD
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi materi tentang konsep filsafat,
fungsi filsafat, ciri berpikir secara filsafat,
cara mempelajari
filsafat, sistematika filsafat pendidikan,
hakikat manusia, masyarakat, kebudayaan, hakikat nilai,
system pendidikan nasional, aliran filsafat pendidikan dan filsafat pendidikan Pancasila
Capaian Pembelajaran
Menguasai dasar-dasar dan asas filsafat
Mampu menguasai filsafat pendidikan sebagai sistem
Mampu menganalisis hubungan antara masyarakat, kebudayaan dan pendidikan,
Mampu menganalisis problem filosofis dalam pengembangan masyarakat, kebudayaan dan pendidikan,
Mampu menguasai hakikat kenyataan, pengetahuan, dan nilai dalam hubungannya dengan pengembangan PAUD
Menguasai etika profesi dalam meelaksanakan tugas sebagai pendidik PAUD
Menguasai teori dan aliran filsafat pendidikan
Menguasai ajaran filsafat pendidikan Pancasila
UTS
UAS
Bird, A. 2000. Philosophy of Science (fundamental of philosophy series). London: UniversityCollegeLondon (UCL).
Hunnex, M.D. 1995 Chronological and Thematical Charts of Philosophies and Philosophers. Michigan: Academic Books, Zondervan Publishing House
Noorsyam, M, 2006. Filsafat Ilmu. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Mulyana, D. dan Rakhmat, J. 2003. Komunikasi Antar Budaya. Bandung: Rosda Karya.
Mulyana, D. dan Rakhmat, J. 2003. Komunikasi Antar Budaya. Bandung: Rosda Karya.
Noorsyam, M, 2001. Pandangan Hedonisme tentang Moral. Jurnal Ilmu Pendidikan.Malang: FIP UM
Tilaar, 2004. Multikulturalisme. Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Jurnal Antropologi
-----, 2004. Multicultural in South Asia and Indonesia, Jakarta: Jurnal Antropologi
- Pengajar: ahmad samawi