Topic outline
Deskripsi Mata Kuliah
Semangat Pagi ! Selamat datang para generasi milenial harapan bangsa.
Negara Indonesia dapat mencapai kemerdekaan salah satu di antaranya berkat peran dari para pemuda. Namun saat ini negara Indonesia sedang menghadapi berbagai permasalahan, seperti kasus korupsi, degradasi moral, penyalahgunaan narkoba, disintegrasi bangsa, tawuran dan yang lainnya. Anda sekalian sebagai generasi harapan bangsa apakah akan diam saja? Mari bahu membahu untuk mempersiapkan diri supaya negara Indonesia tidak mengalami kehancuran. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengikuti perkuliahan Pendidikan Pancasila. Mata kuliah Pendidikan Pancasila merupakan kelompok Mata Kuliah Wajib Umum yang berfungsi sebagai sumber nilai dan pedoman dalam memantapkan kepribadian mahasiswa. Mata kuliah ini mengkaji materi ajar sebagai berikut.
1. Pengantar Memahami Pendidikan Pancasila.
2. Tinjauan Historis Pancasila.
3. Pancasila sebagai Pandangan Hidup dan Dasar Negara.
4. Pancasila sebagai Sistem Filsafat.
5. Pancasila sebagai Ideologi Negara.
6. Pancasila sebagai Sistem Etika.
7. Pancasila sebagai Dasar Nilai dalam Pengembangan Ilmu.Proses pembelajaran menggunakan Flipped Classroom Model, yang terdiri atas tiga kegiatan pokok.
1. Pembelajaran sebelum kelas (Before Classroom).
2. Pembelajaran di Kelas (During Classroom).
3. Pembelajaran Setelah Kelas (After Classroom).Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Sikap
Memiliki sikap bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mampu menunjukkan sikap religius dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika sehingga dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila. - Pengetahuan
Mampu menganalisis historis perumusan Pancasila, Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai ideologi negara, serta Pancasila sebagai sistem etika dan dasar nilai dalam pengembangan ilmu. - Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis berdasarkan Pancasila sebagai sistem filsafat, serta mengambil keputusan secara tepat berdasarkan Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara Indonesia. - Keterampilan Khusus
Mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam konteks pemecahan masalah yang dilakukan secara kacai jadi saleuwi ka darat jadi salogak (menggambarkan kerukunan dalam masyarakat), berkaitan dengan pandangan hidup bangsa, sistem filsafat, ideologi negara, sistem etika, dan pengembangan ilmu.
Dosen Pengampu
Urgensi Matakuliah Umum
Seberapa pentingkah Matakuliah Umum diberikan kepada mahasiswa di perguruan tinggi?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan simak video berikut:
Refferensi
- Kaelan (2002). Pendidikan Pancasila. Jakarta : Paradigma
- Latif, Y. (2011). Negara Paripurna: Historisistas, Rasionalitas, Aktualitas Pancasila. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Naskah Undang Undang Dasar 1945.
- Nurwardani, P, Saksama, H.Y., Kuswanjono, A, Munir, M, Mustansyir, R, Nurdin, E.S., Mulyono, E., Prawatyani, S.J., Anwar,A.A., Evawany, Priyautama, F., Festanto, A. (2016). Pendidikan Pancasila: Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kemristekdikti Ditjen Belmawa.
- Yamin, Muhammad. (1960). Naskah Persiapan Undang-Undang Dasar 1945. Jakarta : Jajasan Prapantja.
Rencana Pembelajaran Semester
- Sikap
Pertemuan 1: Pengantar Memahami Pendidikan Pancasila dI Perguruan Tinggi
SEMANGAT PAGI ! SELAMAT DATANG PARA GENERASI MILENIAL pada Pertemuan Pertama ini
Mengawali perkuliahan pada pertemuan 1 ini, kita akan mempelajari mengenai: 1) Dasar Pemikiran dan Urgensi Pendidikan Pancasila; 2) Dasar Historis, Yuridis, dan Sosiologis Pendidikan Pancasila; dan 3) Dinamika dan Tantangan Pendidikan Pancasila. Melalui materi tersebut akan memberikan pemahaman kepada mahasiswa sekaligus menuntut analisis kritis mahasiswa mengenai dinamika dan tantangan Pendidikan Pancasila.
Capaian Pembelajaran
Pada pertemuan ini diharapkan mahasiswa dapat:
1. Memahami dasar pemikiran dan urgensi Pendidikan Pancasila
2. Menjelaskan dasar historis, yuridis, dan sosiologis Pendidikan Pancasila
3. Menganalisis dinamika dan tantangan Pendidikan Pancasila.Anda tentu sudah mempelajari pendidikan Pancasila. Materi pendidikan Pancasila apa saja yang sudah Anda pelajari? Anda sudah pernah mengenal pendidikan budi pekerti, Pendidikan Moral Pancasila (PMP), pendidikan Pancasila dan kewarganegaran (PPKn), dan lain-lain. Namun, apakah Anda sudah benar-benar memahami nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam mata pelajaran tersebut? Apa kesan Anda setelah memperoleh pelajaran-pelajaran yang terkait dengan nilai-nilai Pancasila tersebut?
Untuk Menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, silahkan baca dan pelajari materi berikut:
Materi ini pertemuan I ini diambil dari buku karangan Nurwardani, P, Saksama, H.Y., Kuswanjono, A, Munir, M, Mustansyir, R, Nurdin, E.S., Mulyono, E., Prawatyani, S.J., Anwar,A.A., Evawany, Priyautama, F., Festanto, A. (2016). Pendidikan Pancasila: Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kemristekdikti Ditjen Belmawa.
Pertemuan 2: Tinjauan Historis Pancasila_Sejarah Perumusan Pancasila dan Fungsi Pancasila
Materi yang kali ini akan dipelajari yaitu mengenai Tinjauan Historis Pancasila. Pada pembahasan materi tersebut lebih difokuskan pada bahasan Sejarah Perumusan Pancasila, Fungsi Pancasila, Hubungan Pancasila dengan Proklamsi Kemerdekaan dan Pembukaan UUD 1945, Penjabaran Pancasila, UUD 1945, Dinamika dan Tantangan Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Selamat mempelajari.
Pertemuan 3: Tinjauan Historis Pancasila_Hubungan Pancasila dengan Proklamasi Kemerdekaan dan Pembukaan UUD 1945, Penjabaran Pancasila dalam UUD 1945
Kita masih melanjutkan untuk mempelajari tinjauan historis Pancasila.
- Point-point penting dari materi yang dipaparkan di atas, dapat saudara simak melalui slide presentasi di bawah ini:
http://
Pertemuan 4: Tinjauan Historis Pancasila_Dinamika dan Tantangan Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
Pada pertemuan ke-04 ini kita akan mengakhiri mempelajari tinjauan historis Pancasila.
Point-point penting dari materi yang dipaparkan di atas, dapat saudara simak melalui slide presentasi di bawah ini:
Pertemuan 5: Pancasila Sebagai Pandangan Hidup dan Dasar Negara
Materi kali ini YANG akan dipelajari yaitu:
Selamat mempelajari
Pertemuan 6: Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa
Pertemuan ini kalian masih mempelajari Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa. Pergunakanlah berbagai sumber bacaan untuk memperkaya pengetahuan kalian tentang topik yang di bahas.
Pertemuan 7: Pancasila Sebagai Sistem Filsafat
Pada perteman kali ini kalian akan diajak untuk mempelajari Pancasila sebagai sistem filsafat. Bacalah materi pokok (terlampir) dan dapat ditambah dengan sumber-sumber lain yang relevan.
MATERI YANG KALI INI AKAN DIPELAJARI YAITU:
SELAMAT MEMPELAJARI
Point-point penting dari materi yang dipaparkan di atas, dapat saudara simak melalui slide presentasi di bawah ini
Pertemuan 8: Ujian Tengah Semester
Semangat Pagi Mahasiswa yang Budiman ! Setelah mengikuti dan mempelajari matakuliah ini selama separuh semester, ikutilah Lomba Vlog yang diadakan oleh Tim SPADA UPI untuk memenuhi Ujian Tengah Semester. Silakan dipelajari ketentuan lomba vlog dalam lampiran berikut, Selamat Mengerjakan!!!Pertemuan 9: Pancasila sebagai Ideologi Negara_Pengertian dan Urgensi Pancasila sebagai Ideologi Negara
Pada pertemuan kali ini kalian akan diajak untuk mempelajari Pancasila sebagai ideologi negara. Bacalah materi pokok topik ini (terlampir) dan dapat dilengkapi dengan bahan-bahan dari sumber lainnya.
MATERI YANG KALI INI AKAN DIPELAJARI YAITU:
SELAMAT MEMPELAJARI
Pertemuan 10: Sumber Historis, Yuridis, dan Sosiologis Pancasila sebagai Ideologi
Pada pertemuan kali ini kalian masih diajak untuk mempelajari Pancasila sebagai ideologi negara. Carilah berbagai sumber pengayaan agar pengetahuan kalian bertambah luas.
Ideologi merupakan prinsip dasar yang menjadi acuan negara yang bersumber dari nilai dasar yang berkembang dalam suatu bangsa. Simak Video berikut yang akan membahas tentang Pancasila sebagai Ideologi Terbuka.
Pertemuan 11: Dinamika dan tantangan Pancasila sebagai Ideologi Negara
Pertemuan kali ini merupakan akhir dari pembahasan Pancasila sebagai Ideologi Negara.
Pertemuan 12: Pengertian dan Urgensi Pancasila sebagai Sistem Etika
Pada pertemuan kali ini kalian akan diajak mempelajari Pancasila sebagai sistem etika. Pelajarilah materi pokok (terlampir). Catatlah hal-hal yang kurang dimengerti dan tanyakanlah pada saat sesi tatap muka dan/atau zoom meeting.
MATERI YANG KALI INI AKAN DIPELAJARI YAITU:
SELAMAT MEMPELAJARI
Pertemuan 13: Sumber Historis, Yuridis, dan Sosiologis Pancasila sebagai Sistem Etika, Dinamika dan tantangan Pancasila sebagai Sistem Etika
Pada pertemuan kali ini kalian masih akan diajak untuk mempelajari Pancasila sebagai sistem filsafat. Carilah bahan-bahan dari sumber lain agar pengetahuan kalian bertambah luas.
Pertemuan 14: Pengertian dan urgensi Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu
Pada pertemuan kali ini kalian akan diajak untuk mempelajari Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu. Pelajarilah bahan materi pokok (terlampir). Catatlah hal-hal yang kurang dipahami. Tanyakan pada saat sesi tatap muka dan/atau zoom meeting.
MATERI YANG KALI INI AKAN DIPELAJARI YAITU:
SELAMAT MEMPELAJARI
Narasi : Jangan cemaskan ancasila dari seorang intelekual Dr. Yudi Latif. Selamat menikmati sajian yang baik ini!
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=wzflQxfAZnE&t=5s
Pertemuan 15: Sumber historis, politis, dan sosiologis, Dinamika dan tantangan Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu
Pertemuan ini masih membahas Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu. Carilah bahan-bahan bacaan tambahan, agar kalian memiliki wawasan yang bertambah luas.
Pertemuan 16: UJIAN AKHIR SEMESTER
Semangat Pagi Mahasiswa yang Budiman !
Setelah mengikuti dan mempelajari matakuliah ini selama satu semester, untuk mengukur ketercapaian pembelajaran pada matakuliah Pendidikan Pancasila dan mengukur kemampuan berfikir kritis dan analitis, silakan anda mengikuti Ujian Akhir Semester berupa :1. Computer Based Test (CBT) berbentuk soal Pilihan Ganda
2. Unggah video Share Values
Untuk CBT silakan mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan oleh UPI dan untuk Shares Values menggunakan pedoman pada lampiran UAS berikut ini.