Enrolment options

Tahun Akademik:
Gasal 2018/2019
Kelas-Offr:
H-H
Deskripsi:

Matakuliah ini membahas Paradigma Ilmu Sosial, Konsep-konsep Sosial dalam Ilmu Sosial sesuai dengan jurusan dan prodi, Ruang lingkup dan Perspektif Ilmu Sosial; Tujuan dan Peran Ilmu Sosial; Modal, Etika, Moral Sosial; Kepekaan, Kecerdasan, dan Kepedulian Sosial; Patologi Sosial; Konflik Sosial; Teori dan Perubahan Sosial; Sain Teknologi dan Literasi Teknologi


Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep dan paradigma ilmu sosial

  • Menguasai dan memahami ruang lingkup ilmu sosial

  • Menguasai perspektif dan tujuan ilmu sosial

  • Menguasai teori-teori berbagai disiplin ilmu sosial dan mampu mensintesiskan

  • Memiliki modal sosial, etika sosial, moral sosial, kecerdasan sosial dan serta berperan aktif dalam pembangunan sosial

  • Memiliki kemampuan melakukan penelitian sosial

  • Menjadi agen perubahan sosial yang berguna bagi nusa dan bangsa

  • Menguasai konsep dan paradigma ilmu sosial

  • Menguasai dan memahami ruang lingkup ilmu sosial

  • Menguasai perspektif dan tujuan ilmu sosial

  • Menguasai teori-teori berbagai disiplin ilmu sosial dan mampu mensintesiskan

  • Memiliki modal sosial, etika sosial, moral sosial, kecerdasan sosial dan serta berperan aktif dalam pembangunan sosial

  • Memiliki kemampuan melakukan penelitian sosial

  • Menjadi agen perubahan sosial yang berguna bagi nusa dan bangsa

Daftar Pustaka:
  • Kartodirdjo, Sartono. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

  • Mac Kenzie, Norman. 1968. A Guide to Sosial Sciences, New York, Toronto, The New American Library.

  • Malo, Manasse (Ed). 1989. Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

  • Kleden, Ignas. 1987. Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan. Jakarta: LP3ES.

  • Nasikun. 2018. Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta. Rajawali Press.

  • Safarina dan Abdulah Idi. 2015. Etika Pendidikan: Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Depok: PT. RajaGrafindo Persada

  • Astawa, Ida Bagus Made. 2017. Pengantar Ilmu Sosial. Depok: Rajawali Press.

  • Banks, James. 2014. Strategi Pembelajaran untuk Pendidikan IPS: Inkuiri, Penilaian dan membuat keputusan. Bandung: UPI.

  • Budiman, Arief. 1996. Teori Pembangunan Duma Ketiga. Jakarta: Gramedia.

  • Clament, Kevin.P. 1997. Teori Pembangunan dari Kiri Ke Kanan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

  • Craib, Ian, 1986, Teori-Teori Sosial Modern. Jakarta:Penerbit CV. Rajawali.

  • Daulay, M. Nur Husein, dkk. 2015. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Depok: Rajawali Press.

  • Fajar, Arnie. 2016. Portofolio Dalam Pelajaran IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

  • Field, John. 2014. Modal Sosial. Bantul: Kreasi Wacana.

  • Santoso, Widjajanti Mulyono. 2016. Ilmu Sosial di Indonesia: Perkembangan dan Tantangan. Yoyakarta: Yayasan Obor Indonesia.

  • Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial, Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

  • Soetomo. 2013.Masalah Sosial dan Upaya Pemecahannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Guests cannot access this course. Please log in.