Pilihan pendaftaran

Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
BB-BB
Deskripsi:

Matakuliah ini berisi metodologi penelitian pendidikan sastra Indonesia yang meliputi (1) hakikat penelitian pendidikan sastra Indonesia, (2) ruang lingkup penelitian pendidikan sastra Indonesia, (3) prinsip-prinsip penelitian pendidikan sastra Indonesia, (4) kriteria masalah yang tepat untuk penelitian pendidikan sastra Indonesia, (5) memililih masalah untuk penelitian pendidikan sastra Indonesia, (6) pendekatan dan desain dalam penelitian pendidikan sastra Indonesia, (7) sumber data penelitian pendidikan sastra Indonesia, (8) instrumen penelitian pendidikan sastra Indonesia, (9) teknik pengumpul­an data penelitian pendidikan sastra Indonesia, (10) karakteristik dan wujud data penelitian pendidikan sastra Indonesia, (11) analisis data penelitian pendidikan sastra Indonesia, Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami metodologi penelitian pendidikan sastra Indonesia sehingga mampu menulis dan menghasilkan proposal penelitian penelitian pendidikan sastra Indonesia secara benar.

 



Capaian Pembelajaran
  • 5.1 Memahami konsep-konsep dasar penelitian PBSI



  • 5.2 Merancang penelitian PBSI sesuai masalah (fokus) dan jenis rancangan yang dipilih

  • 5.3 Menganalisis data penelitian PBSI

  • 5.4 Melaporkan hasil analisis data penelitian PBSI

Daftar Pustaka:
  • 1 Djaali & Pudji Mujono. 2004. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PPs Universitas Negeri Jakarta.

  • 2 Iqbal Hasan. 2006. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

  • 3 Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

  • 4 Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

  • 5 Alfabeta.Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan: Research and Development

  • 6 untuk Bidang Pendidikan, Manajemen, Sosial, Teknik. Bandung: Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

  • 7 Rineka Cipta.


  • 8 Suharsimi Arikunto. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta. Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.