Enrolment options

Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
PA-A
Deskripsi:
Matakuliah ini membahas konsep dasar IPA terpadu, keterkaitan dan keterpaduan antar KD dalam mata pelajaran IPA atau dengan matapelajaran lainnya di SD atau SMP, prinsip-prinsip pengembangan pembelajaran IPA terpadu, teknik pengembangan tema, teknik analisis tema, pengembangan perencanaan pembelajaran terpadu, dan metodemetode pembelajaran terpadu. Dalam perkuliahan mahasiswa ditugaskan menyusun silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran terpadu, serta observasi pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu dan permasalahan di SD atau SMP terkait IPA terpadu.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memahami dan mampu menerapkan dalam menyusun rancangan dan melaksanakan pembelajaran IPA terpadu serta mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan di SD atau SMP terkait IPA terpadu.
Daftar Pustaka:
  • Biggs, et al. (2008). Science Level Green. New York: Mc Graw Hill/Glencoe
  • Flick, L. B. & Lederman, N. G. (2006). Scientific Inquiry and Nature of Science. Dordrecht: Springer
  • Fogarty, R. 1991. Ten ways to integrate curriculum. Educational Leadership 49(2): 61–65.
  • Kosso, P. (2011). A Summary of Scientific Method. New York: Springer
  • Morris, R. C. (2003). A Guide to Curricular Integration. Kappa Delta Pi Record. Summer 2003.
  • Priscylio, G. dan Anwar, S. (2019). Integrasi bahan ajar IPA menggunakan model Robin Fogarty untuk proses pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar MIPA, Vol 14, No. 1, 1-12.
  • Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology. New York: McGraw Hill
  • Saraswathi, G. and Stanly, L. (2018). Thematic approach-a new perspective in teaching. Review of Research. Vol.7, Issue 7, p.1-7. 4
  • Permendikbud No.22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Guests cannot access this course. Please log in.