Enrolment options

Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Matakuliah Olahraga Rekreasi merupakan kelompok Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), dengan bobot 2 sks dan 2 js. Komponen jam kegiatan belajar per minggu meliputi kuliah teori dan praktik di lapangan terdiri dari kegiatan tatap muka, tugas terstruktur, dan mandiri. Matakuliah Olahraga Rekreasi bertujuan memberikan bekal pengetahuan kepada mahasiswa dalam memahami tentang pengetahuan olahraga di bidang rekreasi. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut maka dalam matakuliah Olahraga Rekreasi disajikan materi-materi: pengertian dan pemahaman olahraga rekreasi; Teori dan praktek berbagai jenis olahraga rekreasi, dan olahraga tradisional; Klasifikasi & Pengembangan Karir Bidang Rekreasi di sekolah dan Luar Sekolah; Pengembangan Program Olahraga Rekreasi; Teori dan Praktek pengeolaan kegiatan olahraga rekreasi/wisata.
Capaian Pembelajaran
  • Setelah menyelesaikan matakuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami tentang pengetahuan Olahraga Rekreasi terutama memiliki kompetensi yang memadai dalam memberikan layanan teori dan praktek (melakukan, mengajar, memandu, dan memanajemen) kegiatan olahraga rekreasi dan olahraga wisata di sekolah dan di luar sekolah. Dapat menyusun/membuat dan memasarkan program baru aplikasi olahraga rekreasi di sekolah dan di luar sekolah untuk memperluas lapangan kerja baru.
Daftar Pustaka:
  • Nurlan Kusmaedi. (2003). Olahraga Rekreasi dan Tradisional. Bandung: Fakultas Penidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia.
  • Sumardianto (2009) 100 Games Aktivitas Rekreasi Bandung: Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Manuel Baud-Bovy and Fred Lawson. (1977). Tourism and Recreation Develpoment. CBI Publishing Company. INC.: Boston. Massachusetts.
  • Richard G. Kraus. (1977). Recreation Today. Goodyear Publishing Company: California.
  • ----------------------. Joseph E. Curtis. 1977. Creative Management In Recreation and Parks. The CV. Mosby Company: St. Louis.
  • Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1988/1999. Peraturan Permainan Olahraga Asli/Tradisional. Buku I dan II. Direktorat Keolahragaan Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Pemuda dan Olahraga.
  • Tisna Sopandi. (1983). Aneka Permainan Tradisional. Pustaka Buana: Bandung.
Guests cannot access this course. Please log in.