Enrolment options

Tahun Akademik:
Genap 2021/2022
Kelas-Offr:
F-MBKM
Deskripsi:

  Mahasiswa mampu menganalisis dan menerapkan prinsip dan prosedur penyusun proposal sesuai dengan jenis pendekatan penelitian seni dan desain yang dipilih. Kompetensi yang akan dicapai meliputi: (1) memahami konsep dasar dalam meyusun proposal penelitian, (2) terampil merancang bentuk penelitian seni dan desain sebagai suatu karya ilmiah hasil penelitian, kajian kepustakaan, atau hasil pengembangan yang diwujudkan dalam bentuk proposal, dan (3) mampu mempertanggungjawabkan proposal tersebut dalam forum seminar terbatas.


Capaian Pembelajaran
  •   Memiliki kemampuan berpikir kritis, mengambil keputusan secara efisien dan melaksanakan rancangan kegiatan menyusun proposal penelitian.

  • Memiliki kemampuan berkomunikasi efektif & publik speaking yang memadai dalam mempertahankan tulisan proposal penelitian.

  • Memiliki wawasan teoritik dan praktik yang selalu terupdate dan mengikuti perkembangan desain komunikasi visual yang akan diangkat menjadi calon penelitian.

  • Memiliki kemampuan belajar terstruktur untuk pengembangan diri dan keilmuan berkelanjutan dalam mengembangkan proposal penelitian.

  •   Mempertanggung-jawabkan melalui seminar proposal yang nantinya akan ditindak lanjuti penelitian atau dan berkarya nyata.

Daftar Pustaka:
  • Bungin, Burhan. 2008, Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

    Creswell, Jhon W. 1994, Research Design: Qualitative& Quantitative Approaches, London: Sage Publication.

    Daymon, Christine & Immy Holloway. 2002, Qualitative Research Methods in Public Relations an Marketing Communication atau Metode-metode Riset Kualitatif, terjemahan Cahya Wiratama. 2008, Yogyakarta: Bentang.

    Denzin, Norman K & Yvonna S. Lincoln. 1997, Hand Book of Qualitative Research, terjemahan Dariyanto, Badrus Samsul Fata, Abi & John Rinalsi. 2009, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

    Moleong, Lexy J. 2001, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

    Ratna, Nyoman Kutha. 2010, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

    Sachari, Agus. 2005, Pengantar Metodologi Penelitian Budaya Rupa, Jakarta: Erlangga.

    Soehartono, Irawan. 1995, Metode Penelitian Sosial, Bandung: Rosdakarya.

    Suyanto, Bambang, ed. 1995, Metode Penelitian Sosial, Surabaya: Airlangga University Press.

    Tim Prodi DKV. 2017, Penunjuk Teknis Kekaryaan, Malang: Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.


Guests cannot access this course. Please log in.