Enrolment options

Tahun Akademik:
Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:

(1) sejarah ilmu pengetahuan dan sains, macam-macam pengetahuan, sumber-sumber pengetahuan dan sains, (2) Sumber-sumber dan metodologi pe­n­ca­rian ilmu pengetahuan dan sains yang meliputi usaha-usaha rasionalisme, positivis­me, empi­ris­­me, sintesis, pandangan-pandangan modern (Rasionalisme kritis, Popper, Kon­tek­stua­lis­me, Kuhn), (3) Ilmu pengetahuan alam di masa depan yang meliputi keterbatasan sains, sains di ma­sa mendatang, pendekatan terintegrasi berlatar belakang sains, (4) Sains di masyarakat yang meli­pu­ti masalah bebas nilai sains, dan peranan serta tanggung jawab ilmuwan, keterkaitan Sains-Tek­nologi-Masyarakat



Capaian Pembelajaran
  • Memahami dan mendeskripsikan tentang sains, sejarah ilmu pengetahuan dan sains, macam-macam pengetahuan, sumber-sumber pengetahuan dan sains

  • Menjelaskan, dan mencari sumber-sumber dan metodologi pencarian ilmu pengetahuan dan sains yang meliputi usaha-usaha rasionalisme, positivisme, empirisme, sintesis, pandangan-pandangan modern (Rasionalisme kritis, Popper, Kontekstualisme, Kuhn)

  • Memahami kebenaran ilmiah, membedakan hukum dan teori serta menerapkan hukum dan teori untuk prediksi ilmiah

  • Memahami konteks ilmu pengetahuan alam di masa depan yang meliputi keterbatasan sains, sains di masa mendatang, pendekatan terintegrasi berlatar belakang sain

  • Menerapkan sains di masyarakat yang meliputi masalah bebas nilai sains, dan peranan serta tanggung jawab ilmuwan, keterkaitan Sains-Teknologi-Masyarakat

Daftar Pustaka:
  • Wonorahardjo, S. 2009. Dasar-Dasar Sains, Menciptakan Masyarakat Sadar Sains, Indeks.


  • Suriasumantri, J. S. 1999. Ilmu dalam Perspektif, Yayasan Obor Indonesia.


  • Suriasumantri, J. S.1999. Pengantar Filsafat Ilmu. Pustaka Sinar Harapan.


  • Chalmers, A.F. 1982. What is This Thing Called Science?, St. Lucia:.University of Queensland Press


  • Darmodjo, H. 1986. Filsafat Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta: Penerbit Karunika-UniversitasTerbuka.


  • Gie, T. L. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Penerbit Liberty.


  • Keraf S. & Dua, M. 2001. Ilmu Pengetahuan Sebuah Tinjauan Filosofis, Yogyakarta: Kanisius.


  • Kleden, I. 1987. Sikap Ilmiah dan Kritik Kebudayaan, Jakarta: LP3ES.


  • Kuhn, T.S. 1996. The Structure of Scientific Revolutions, London: The University of Chicago Press.


  • Leahy, L. H. 2002. Manusia, Dari Pengetahuan ke Kebijaksanaan, Yogyakarta: Kanisius.


  • Soetomo, G.. 1995. Sains dan Problem Ketuhanan, Yogyakarta: Penerbit Kanisius.


Guests cannot access this course. Please log in.