Pilihan pendaftaran

Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A6B-AUD
Deskripsi:
Mata kuliah ini berisi materi tentang konsep seni musik, karakteristik musik anak, teori dasar seni musik, teori dasar mencipta lagu anak, apresiasi musik anak, mencipta lagu anak, praktik alat musik sederhana, pengembangan pembelajaran musik untuk AUD
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh konsep seni dalam kaitan dengan pengembangan mototik halus AUD
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan konsep seni rupa, kemampuan dasar dan karakteristik seni rupa AUD
  • Mahasiswa memahami konsep, jenis-jenis, tujuan dan fungsi pembelajaran menggambar, mampu menganalisis tipologi dan periodisasi kemampuan anak usia dini dalam menggambar; ruang lingkup kegiatan menggambar serta unsur-unsur dan kriteria / prinsip menggambar, serta enguasai berbagai teknik menggambar dengan menggunakan berbagai macam bahan dan alat.
  • Mahasiswa memiliki pengetahuan yang utuh konsep jenis-jenis, tujuan dan fungsi pembelajaran kerajinan tangan bagi AUD, menganalisis unsur-unsur dan kriteria / prinsip pembuatan benda kerajinan, serta memiliki kreatifitas dalam merancang dan membuat berbagai benda kerajinan dengan berbagai teknik serta menggunakan berbagai macam bahan dan alat
  • Mahasiswa mampu mengembangkan pendekatan, strategi, metode, teknik, media dan evaluasi pembelajaran seni rupa untuk PAUD
  • UTS
  • UAS
Daftar Pustaka:
  • 4. Jakarta: Dewan Kesenian Jakarta
  • 1. Gardner, H. 2013. Multiple Intelligences. California: Hardvard Publiser.
  • 2. Mary, M. 1990. Creative Activities for Young Children. Canada: Debman Puc Inc
  • 3. Bujono, B. & Adi, W. 2012. Seni Rupa Indonesia.
  • 5. Tumurung, Heti. 2006. Pembelajaran Kreativitas Seni Anak Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan
  • 6. Kamtini,. 2006. Berkreativitas melalui Kerajinan Tangan dan Kesenian di Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan
  • 7. Margono, E.T. & Aziz, A. 2010. Mari Belajar Seni Rupa. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional
  • 8. Mulyani, Y. & Gracinia, J. 2007. Kemampuan Fisik, Seni dan Manajemen Diri. Jakarta: PT Eley Media Komputindo
  • 9. Nancy B. & Gloria B. M. 2003. Rahasia Mengajarkan Seni Pada Anak. Yogyakarta: Pripoenbooks
  • 10. Pusat Kurikulum. 2002. Kurikulum dan Hasil Belajar Rumpun pelajaran Kesenian. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas
  • 11. Syafii, dkk. 2002. Materi dan Pembelajaran Kertakes SD. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka
  • 12. Kustiawan, U. 2014. Pengembangan Materi Pembelajaran Seni Sekolah Dasar. Malang: Bayumedia Publishing
  • 13. Margono, E.T. & Aziz, A. 2010. Mari Belajar Seni Rupa. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional
  • 14. Mulyani, Y. & Gracinia, J. 2007. Kemampuan Fisik, Seni dan Manajemen Diri. Jakarta: PT Eley Media Komputindo
  • 15. Soenaryo. 1996. Model-Model Pembelajaran Pendidikan Kesenian. Jakarta: Ditjen Dikti
  • 16. Sukimin. 2012. Seni Budaya. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
  • 17. Sumanto. 2006. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak SD. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.