Enrolment options

Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:

Konsep dan ruang lingkup kreasi desain, meliputi: Matakuliah ini memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa agar secara mandiri memiliki keterampilan merancang dan memproduksi karya desain grafis. Menguasai berbagai teori manajemen produksi karya seperti segmentasi, targeting, positioning dan swot. Menguasai prosedur perancangan produk desain meliputi identifikasi kebutuhan konsumen, penetapan spesifikasi target, penyusunan konsep, pengujian konsep, penentuan spesifikasi akhir, perencanaan proyek, analisis ekonomin, analisa produk pesaing, permodelan, dan pembuatan prototipe. Menguasai metode analisa bentuk, dan dimensi fisik produk, mengekplorasi berbagai material dan teknik berkarya desain. Mengevaluasi secara kreatif melalui analisis kritis terhadap karya desain tersebut berdasarkan pada kaidah-kaidah desain yang menitikberatkan pada aspek fungsional, etika, dan hukum pasar, ergonomik desain, pertimbangan ekonomi, kelayakan dan analisis bahan serta prospek pasar.  


Capaian Pembelajaran
  • 1. Menguasai wawasan dan metode berkarya desain secara tepat melalui metode riset.

  • 2. Menguasai teori segmentasi, targeting, positioning, teori analisis swot pada karya yang dirancang.

  • 3. Menguasai metode-metode pemasaran berdasarkan metode dan keilmuan manajemen produk.

  • 4. Menguasai prosedur perancangan produk desain meliputi identifikasi kebutuhan konsumen, penetapan spesifikasi target, penyusunan konsep, pengujian konsep, penentuan spesifikasi akhir, perencanaan proyek, analisis ekonomin, analisa produk pesaing, permodelan, dan pembuatan prototipe.

  • 5. Menguasai metode analisa bentuk dan dimensi fisik dari komponen produk.

  • 6. Mengekplorasi berbagai jenis material pada karya rancangan.

  • 7. Mengekplorasi berbagai teknik pada karya rancangan.

  • 8. Menguasai prosedur (teknik) perancangan/perakitan produk desain dalam bentuk 2D/3D.


Daftar Pustaka:
  • Arntson, Amy E. 1998. Graphic Design Basic Third Edition. Orlando: Hacourt Brace College.
    Charlotte, Feill, Peter Feill. 2002. Graphic Design Now. Koln: Taschen.
    Peterson, Bryan l. 1996. Using Design Basic To Get Creative Result. Cincinati: North Light Book.
    Tabrani, Primadi. 2009. Bahasa Rupa. Bandung: Penerbit Kelir.

Guests cannot access this course. Please log in.