Enrolment options

Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
MB-MBKM
Deskripsi:

Perkembangan, tujuan, bentuk dan isi pendidikan masa Pra Peradaban, Cina Kuno, India Kuno, Persia Kuno, Eropa Abad Pertengahan; perke mbangan, tujuan, bentuk dan isi pendidikan masa kuno sampai kontemporer di Indonesia; pemikiran pendidikan berpengaruh masa kuno sampai kontemporer.


Capaian Pembelajaran
  • Mampu menguasai materi kajian pendidikan dalam sejarah yang bermuatan pendidikan karakter secara kritis, adaptif dan kontekstual sejak masa kuno sampai kontemporer.
  • Mampu menganalisis dinamika pendidikan dalam sejarah sebagai pesan pembelajaran disertai dengan sikap terbuka terhadap perkembangan teknologi dan informasi sejarah.
  • Mampu menginternalisasikan nilai, norma, dan nilai akademik pada bidang kajian pendidikan dalam sejarah melalui karya ilmiah.
Daftar Pustaka:
  • Agung, L. 2012. Sejarah Pendidikan. Yogyakarta: Ombak.
  • Bradjanagara, S. 1956. Sedjarah Pendidikan Indonesia. Jogyakarta: Badan Kongres Pendidikan Indonesia.
  • Buchori,M.2007. Evolusi Pendidikan Di Indonesia. Jakarta:Insist Press
  • Djumhur, I & Danasuparta.1976. Sejarah Pendidikan. Bandung:CV Ilmu.
  • Hasan, dkk.1996. Sejarah Pendidikan Indonesia.Jakarta: Depdiknas.
  • Mansur,D & M.Said.1989. Mendidik Dari Zaman Ke Zaman. Jakarta: PT Rajawali Press
  • Mastuhu. 2003.Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional Dalam Abad 21.Jogyakarta:Safiria Insania Press
  • Soemanto, Dkk.1983. Landasan Historis Pendidikan Indonesia.Surabaya:Usaha Nasional.
  • Tilaar,H.A.R.1995. 50 Tahun pembangunan pendidikan Nasional 1945-1995: Suatu Analisis Kebijakan.Jakarta: PT Gramedia.
  • Palmer.A.Joy.2003. 50 Pemikir Pendidikan: dari Piaget Sampai Masa Sekarang.Jogyakarta:Jendela.
  • Anshori, D.S. (ed.). 2000. Menggagas Pendidikan Rakyat: Otosentrisitas Pendidikan dalam Wacana Politik Pembangunan. Bandung: Alqaprint Jatinangor.
  • O`Neil,Willem F. Ideologi – Ideologi Pendidikan .Alih Bahasa Omi I Naomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  • Nata, A. 2004. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Rajawali Press.
  • Sayono, J. (2005). Perkembangan Pesantren di Jawa Timur. Dalam Jurnal Bahasa Dan Seni, 2(1).
  • Ridho’i, R. (2018). MELIHAT MOTIF PENDIDIKAN DI NUSANTARA DARI PERSPEKTIF HISTORIS. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 135–149.
Guests cannot access this course. Please log in.