Pilihan pendaftaran

Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
MB-MBKM
Deskripsi:
1. Konsep biografi tokoh nasional dan tokoh daerah. 2. Biografi Sukarno Hatta. 3. Biografi Jendral Sudirman dan Jendral Urip Sumoharjo. 4. Biografi pahlawan kemerdekaan dari berbagai daerah. 5. Metodologi penulisan biografi
Capaian Pembelajaran
  • Merekonstruksi sejarah situs-situs arkeologi dilingkungan sekitar.
  • Mampu menjelaskan dengan jujur dan bertanggung jawab riwayat hidup dari dua tokoh proklamator.
  • Mampu membandingkan peran Sudirman dan Urip Sumoharjo dalam penataan militer modern.
  • Mampu menganalisis peran tokoh daerah dalam konteks sejarah nasional.
  • Mampu menyusun biografi tokoh daerah yang memiliki kontribusi pada kemajuan bangsa Indonesia.
Daftar Pustaka:
  • Adam, C, 1954. Bung Karno, Penyambung Lidah Rakjat Indonesia
  • Hering , B. 2012. Soekarno, Arsitek Bangsa.Jakarta: Kompas
  • Legge , JD. ‘ Sukarno : A political Biography “ . Monash: Monash University
  • Sukarno. 1959. Dibawah Bendera Revolusi jilid 1. Djakarta: Jawatan Kementrian Penerangan RI
  • _____, 1963. Dibawah Bendera Revolusi jilid 2. Djakarta: Jawatan Kementrian Penerangan RI
  • Noer, D. 1990.Mohammad Hatta: Biografi Politik. Jakarta: LP3ES
  • Noer, D. 2002 Mohammad Hatta: Hati Nurani Bangsa, 1902-1980, Jakarta: Djambatan & KITLV
  • Hatta. M. 1998.Karya Lengkap Bung Hatta - Buku 1: Kebangsaan dan Kerakyatan.Jakarta. LP3ES dan Univ Negeri Padang
  • Hatta. M. 2000.Karya Lengkap Bung Hatta - Buku 2: Kebangsaan dan Kerakyatan.Jakarta. LP3ES dan Univ Negeri Padang
  • Hatta. M. 2001.Karya Lengkap Bung Hatta - Buku 3: Kebangsaan dan Kerakyatan.Jakarta. LP3ES dan Univ Negeri Padang
  • Sardiman, 2008. AM. Guru Bangsa: Sebuah Biografi Jenderal Sudirman. Yogyakarta
  • Tim Buku Tempo. 2001. Sudirman: Sorag Panglima, seorang Martir; Jakarta: KPG
  • Biografi Jendral Urip Sumoharjo
  • Kuntowijoyo. 1992. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana
  • Ayundasari, L. (2018). Relevansi Nilai-Nilai Perjuangan KH. Masjkur dalam Pembelajaran Sejarah Berbasis Pendidikan Karakter Bagi Siswa MA di Malang. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(1), 40–52.
  • Ayundasari, L. (2019). Misbachul Watan Pelopor Pendidikan Islam Formal Berwawasan Kebangsaan di Malang 1923: Kajian Sejarah dan Perkembangan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 25-44–44. https://doi.org/10.21274/taalum.2019.7.1.25-44
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.