Enrolment options

Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
MB-MBKM
Deskripsi:
Digitalisasi Pembelajaran Sejarah merupakan matakuliah yang akan mengkaji tentang media digital dan mengaplikasikan pengetahuan untuk kebutuhan pembelajaran sejarah. Melalui digitalisasi pembelajaran sejarah mahasiswa dapat mengetahui perkembangan media digital, Menguasai konsep dasar media digital, mengetahui berbagai macam media digital yang dapat digunakan untuk menyusun bahan ajar, media pembelajaran dengan kajian sejarah baik sejarah lokal, sejarah nasional, dan sejarah dunia. Menyusun produk materi sejarah untuk kepentingan pembelajaran sejarah. Menghasilkan media digital dalam bentuk citra digital, digital video, video games, web, media sosial, e-book, komik digital, untuk membangun karakter bangsa
Capaian Pembelajaran
  • Memiliki kemampuan komprehensif tentang konsep dasar media digital dalam sejarah.
  • Memiliki pemahaman Ragam media Digital dalam pembelajaran sejarah untuk mencari alternatif pemecahan masalah secara jujur, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif dan kontekstual dengan mengaplikasikan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam pendidikan sejarah untuk membangun karakter bangsa.
  • Mampu menyusun berbagai macam alternatif media digital untuk pembelajaran sejarah dengan berbagai macam kajian materi sejarah sesuai kebutuhan kurikulum secara kritis, kreatif dan inovatif.
Daftar Pustaka:
  • Al-Tabany, T, I, B. 2015. Mendesign Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Grup.
  • Biltaqih, Y & Qomarudin, M.N. 2015. Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.
  • Chapman, Nigel and Jenny Chapman. 2004. Digital Multimedia. England: John Wiley & Sons Ltd.
  • Dale. E. 1963. Audio-visual Methods in Teaching/ Edgar Dale. New York: Rinehart and Winston.
  • Darmawan, D. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
  • Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. 2017. Panduan Hibah Penyelenggaraan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Indonesia 2017. (online), (kuliahdaring.dikti.go.id), diakses 2 Mei 2017.
  • Friedman, T.L. 2006. The World is Flat: Sejarah Ringkas Abad ke-21. Jakarta: Dian Rakyat
  • Hamid, A.R. Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
  • Kochhar, S.K. 2008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo.
  • Milles, B. M. 1973. Innovation In Education. New York: Teacher College Press, Columbia University.
  • Mulyasa, E. 2009. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • Nafiáh, U., Mashuri, M., & Wijaya, D. (2019). The Development of Digital Book of European History to Shape the Students’ Democratic Values. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 14(6), 147–154.
  • Nafi’ah, U., & Wijaya, D. N. (2019). The Development of Digital Book of European History to Shape the Students’ Democratic Values. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(6).
  • Palmer, J.A. 2015. Ide-ide Brilian 50 Pakar Pendidikan Kontemporer paling Berpengaruh di Dunia Pendidikan Modern. Yogyakarta: IRCiSoD.
  • Purbo, O.W. 2000. Tantangan Bagi Pendidikan Indonesia. (online) . http://www.detik.com/ onno/jurnal/ 200004/ aplikasi/ pendidikan/p-19.shtm. diakses 14 Mei 2017.
  • Rusman, dkk. 2015. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
  • Sanaky, H. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba
  • Smaldino, S. E dkk. 2014. Instructional Technology & Media for Learning. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.
  • Suyanto. 2003. Dukungan Kebijakan dalam Pengembangan Inovasi Pendidikan. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Diselenggarakan oleh IPTPI di Hotel Inna Garuda Yogyakarta 22-23 Agustus 2003.
  • Sulistyo, W. D., & Idris, U. N. (2019). The Development of E-PAS Based on Massive Open Online Courses (MOOC) on Local History Materials. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(9).
Guests cannot access this course. Please log in.