Enrolment options

Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
A-AA
Deskripsi:
Matakuliah ini dirancang untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa menggabungkan teori dengan praktik melalui pelaksanaan pengalaman langsung di lapangan yang dibimbing dan dinilai oleh dosen pembimbing. Melalui kegiatan ini mahasiswa dilatih menjadi pendidik yang professional dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program-program pendidikan dalam berbagai latar (setting) kelembagaan dan/atau kemasyarakatan. Kegiatan KPL ini bisa dilakukan secara riil membelajarkan mahasiswa atau dalam bentuk peer-teaching, atau kegiatan pembelajaran riil di sekolah-sekolah yang ditunjuk. Pada akhir masa pengalaman lapangan mahasiswa dituntut untuk menyusun laporan perorangan.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa memahami dan menguasai teknik-teknik pengajaran bahasa Arab, termasuk di dalamnya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan belajar mengajar. Mahasiswa menerapkan teknik pengajaran tersebut sesuai dengan kondisi peserta didik dan lokasi kegiatan KPL berlangsung. Mahasiswa dapat bersikap terbuka dalam menerima masukan dari teman sejawat dan dosen pembimbing.
  • Mahasiswa memahami dan menguasai teknik-teknik pengajaran bahasa Arab, termasuk di dalamnya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan belajar mengajar. Mahasiswa menerapkan teknik pengajaran tersebut sesuai dengan kondisi peserta didik dan lokasi kegiatan KPL berlangsung. Mahasiswa dapat bersikap terbuka dalam menerima masukan dari teman sejawat dan dosen pembimbing.
Daftar Pustaka:
  • Wahba, K. M., Taha, Z. A., & England, L. 2006. Handbook for Arabic Language Teaching Professionals in the 21st Century. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
  • Jack C.Richards and Theodore S.Rodgers, 1986. Approaches and methods in language teaching: A description and analysis. , Cambridge: Cambridge University Press.Cambridge.
  • Diane Larsen-Freeman. 1986. Techniques and principles in language teaching. Oxford University Press.
  • إبراهيم، عبد العليم . فى ‌طرق ‌التدريس ‌الموجه‌ الفنى ‌لمدرسى ‌اللغة ‌العربية. الطبعة السابعة .مصر :دار المعارف، بدون سنة.
  • البجة، عبد الفتاح حسن . 1999. أصول ‌تدريس ‌العربية ‌بين ‌النظرية ‌والممارسة، الطبعة الأولى .عمان: دار الفكر.
  • شحاتة، حسن. تعليم ‌اللغة ‌العربية ‌بين‌ النظرية‌ والتطبيق ‌الطبعة الرابعة .لبنان :الدار المصرية اللبنانية، بدون سنة.
  • الفوزان، عبد الرحمن إبراهيم 2011. الإضاءات‌ لمعلمي ‌اللغة ‌العربية ‌لغير‌الناطقين ‌بها، الطبعة الأولى. الرياض.
Guests cannot access this course. Please log in.