Enrolment options

Transmisi dan Distribusi

Transmisi dan Distribusi

Course modified date: 18 Oct 2022
Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
B-17QW
Deskripsi:
Peserta didik mampu merancang sistem distribusi dan transmisi tenaga listrik dan menganalisis permasalahan pada sistem distribusi dan transmisi tenaga listrik.
Capaian Pembelajaran
  • - Menganalisis pengaturan/operasi sistem distribusi dan transmisi tenaga listrik untuk mendapatkan sistem yang handal. - Menganalisis permasalahan pada sistem transmisi dan distribusi yang berhubungan dengan desain dan operasi sistem. - Menganalisis penggunaan sistem transmisi dan distribusi yang meliputi fungsi sistem, dan permasalahan umum yang dihadapi terutama di Indonesia. - Menelaah prinsip-prinsip perencanaan sistem Transmisi dan Distribusi yang meliputi sistem tegangan, rating peralatan yang digunakan dan konfigurasi sistem. - Menelaah prinsip-prinsip pengoperasian sistem transmisi dan distribusi yang meliputi pengaturan tegangan, otomasi sistem, rugi jaringan dan evaluasi unjuk kerja sistem. - Menganalisis karakteristik saluran transmisi dan distribusi berkaitan dengan impedansi sistem.
Daftar Pustaka:
  • 1. PUSTAKA UTAMA W.D. Stevenson, Power System Analysis, John Wiley, New York, 1982. 2. Turan Gonen, Electric Power Transmission System Engineering:Analysis and Design, John Wiley, 1988. 3. Gupta, Transmission and Distribution, 1997. 4. TS Hutauruk, Tranmisi Daya Listrik, 2000. 5. Pabla, AS, Sistem Distribusi Daya Listrik, Penerbit Erlangga. 6. Torsten Cegrell, Power System Control Technology, Prentice Hall International. 7. Gunter G. Seip, Electrical Installation Handbook, John Wiley. 8. Theraja, BL, Electrical Technology, Nirja Construction & Development. 9. P.Kundur, Power System Stability, McGraw Hill, 1994.
Guests cannot access this course. Please log in.