Enrolment options

Tahun Akademik:
Gasal 2022/2023
Kelas-Offr:
B21-AP
Deskripsi:
Matakuliah ini memuat unsur-unsur: (1) Pengetahuan, menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang hakekat manajemen humas, substansi manajemen humas, teknik manajemen humas, dan proses manajemen humas; (2) keterampilan, mampu membuat program kehumasan, melakukan negosiasi dengan pihak-pihak terkait untuk mewujudkan lembaga pendidikan yang berkualitas; dan (3) sikap, memiliki kepekaan dalam menganalisis permasalahan humas, menentukan alternatif pemecahannya, dan menganalisis risiko setiap alternatif pemecahan masalahnya. Berdasarkan ketiga dimensi tersebut, matakuliah ini membahas tentang konsep dasar, tujuan, prinsip, substansi, teknik, proses manajemen humas; konsep dasar dan pelaksanaan pemasaran jasa pendidikan; optimalisasi peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan; cara mengelola pemasaran jasa pendidikan; cara berhubungan dan bernegosiasi dengan orang lain berdasarkan prinsip kehumasan; permasalahan kehumasan dan altenatif pemecahannya. Perkuliahan dilakukan secara tatap muka, online, praktik komunikasi dengan praktisi kehumasan, observasi kehumasan di lembaga pendidikan, dan di media publikasi, dilanjutkan dengan pembahasannya.
Capaian Pembelajaran
  • Terampil membuat program kehumasan, menganalisis teknik-teknik humas, mengevaluasi pelaksanaan program humas.
  • Mampu menganalisis permasalahan humas dan menentukan alternatif pemecahannya.
  • Ujian Tengah Semester (UTS)
  • Ujian Akhir Semester (UAS)
  • Memahami konsep dasar manajemen humas, teknik pelaksanaan pelaksanaan humas, dan proses manajemen humas.
Daftar Pustaka:
  • Morgan, Rebecca L. 2003. Melayani Pelanggan Kecewa. Jakarta: Penerbit PPM.
  • Roche, E, F.D. 1985. How School Administrators Solve Problems. New Jersey: Prentice-Hall, Inc
  • Maisyaroh. 2004. Hubungan Masyarakat. Proyek SP4 Jurusan Administrasi Pendidikan FIP Universitas Negeri Malang.
  • Davies, Brent & Ellison, Linda, 1997. Strategic Marketing for Schools. London: Pitman Publishing.
  • Maisyaroh, Mustiningsih, Desi Eri Kusumaningrum. 2016. Pengembangan Model Manajemen Partisipasi MasyarakatSekolah Menengah Pertama Berbasis Pesantren. Laporan Penelitian. Malang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
  • Olsen,G and Fuller, M.L.2003. Home-School Relations: Working Sucessfully with Parents and Families. Second Edition. Boston: Pearson Education
  • Indrafachrudi, Soekarto. 1994. Bagaimana Mengakrabkan Sekolah dengan Orang Tua Murid dan Masyarakat. Malang: Penerbit IKIP MALANG.
  • Grant, C.A. 1979. Community participation in Education. Boston: Allyn and Bacon, Inc
  • Sejumlah artikel tentang Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat di Jurnal Nasional dan Internasional, dalam sepuluh tahun terakhir.
Guests cannot access this course. Please log in.