Pilihan pendaftaran

Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
B20-TEP
Deskripsi:
Matakuliah Kurikulum Disruptif merupakan matakuliah teori yang dapat dijadikan mahasiswa sebagai landasan dalam mengimplementasikan Pengetahuan dan keterampilan Profesional dalam upaya merancang, mengembangkan, mengimplementasikan dan menilai Kurikulum Disruptif dalam lingkungan belajar yang kaya teknologi dalam suatu komunitas praktik yang mendukung. Kurikulum Disruptif memberikan landasan bagaimana melakukan Assessing/ Evaluasi, Praktik Kolaboratif, melakukan praktik profesional dan Kepemimpinan yang berlandaskan Kode Etik profesi Teknologi Pendidikan secara faktual, konseptual dan prosedural
Capaian Pembelajaran
  • • Mahasiswa mempunyai kemampuan dalam menganalisis, menafsirkan untuk dijadikan landasan pada kegiatan pengembangan dan implementasi Kurikulum Disruptif secara profesional dan konsep penilaian, evaluasi berdasar konteks pembelajaran dalam mewujudkan kurikulum.
  • • Mahasiswa memiliki sikap dalam menghargai berbagai pendapat dalam konteks keilmuan Kurikulum Disruptif, kepekaan terhadap kebutuhan pebelajar sebagai pengguna hasil keilmuan Kurikulum Disruptif, serta menggunakan etika akademik dalam mengevaluasi kurikulum sebagai salah satu bagian lingkungan belajar secara responsif dan adaptif
  • • Mahasiswa menunjukkan kemampuan logis, kritis dan inovatif dalam melakukan internalisasi Kurikulum Disruptif yang menjadi landasan untuk menguatkan kemampuan memutuskan secara profesional bagaimana melakukan pengembangan, penggunaan dan pengelolaan Kurikulum Disruptif baik secara individu maupun kelompok. Secara khusus mahasiswa memiliki kemampuan bagaimana berkolaborasi, menganalisis pebelajar sehingga memiliki landasan dalam mengembangkan, mengevaluasi pembelajaran. Mahasiswa memiliki kemampuan kepemimpinan dalam memimpin teman sejawat untuk mewujudkan Kurikulum Disruptif dalam konteks pembelajaran dan teknologi, dalam wujud kemampuan medesain penilaian dan memperbaiki Kurikulum Disruptif berlandaskan kode etik, budaya, dan menghormati keragaman
Daftar Pustaka:
  • Januszewski, A. and Molenda, M. eds., 2013. Educational technology: A definition with commentary. Routledge.
  • Spector, J.M., Merrill, M.D., Elen, J. and Bishop, M.J. eds., 2014. Handbook of research on educational communications and technology . New York, NY: Springer.
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.