Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Melalui mata kuliah ini mahasiswa mempelajari ruang lingkup Dasar-dasar sains: pengertian sains dan filsafat sains, perkembangan pola berfikir manusia, peranan sains terhadap perkembangan masyarakat, hakikat dan fungsi sains, anatomi sains, metode ilmiah, nilai-nilai dan keterbatsan sains, matematika sebagai sarana berfikir deduktif, statistika sebagai sarana berfikir induktif, sains dan teknologi, serta sains dan masa depan.
Capaian Pembelajaran
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Melalui mata kuliah ini mahasiswa mempelajari ruang lingkup Dasar-dasar sains: pengertian sains dan filsafat sains, perkembangan pola berfikir manusia, peranan sains terhadap perkembangan masyarakat, hakikat dan fungsi sains, anatomi sains, metode ilmiah, nilai-nilai dan keterbatsan sains, matematika sebagai sarana berfikir deduktif, statistika sebagai sarana berfikir induktif, sains dan teknologi, serta sains dan masa depan.
Capaian Pembelajaran
- 1 Memahami dan mendeskripsikan tentang sains, sejarah ilmu pengetahuan dan sains, macam-macam pengetahuan, sumber-sumber pengetahuan dan sains
- 2 Menjelaskan, dan mencari sumber-sumber dan metodologi pencarian ilmu pengetahuan dan sains yang meliputi usaha-usaha rasionalisme, positivisme, empirisme, sintesis, pandangan-pandangan modern (Rasionalisme kritis, Popper, Kontekstualisme, Kuhn)
- 3 Memahami kebenaran ilmiah, membedakan hukum dan teori serta menerapkan hukum dan teori untuk prediksi ilmiah
- 4 Memahami konteks ilmu pengetahuan alam di masa depan yang meliputi keterbatasan sains, sains di masa mendatang, pendekatan terintegrasi berlatar belakang sains
- 5 Menerapkan sains di masyarakat yang meliputi masalah bebas nilai sains, dan peranan serta tanggung jawab ilmuwan, keterkaitan Sains-Teknologi-Masyarakat
- Viennot, L., 2004. Reasoning in Physics: The Part of Common Sense. New York: Kluwer Academic Press
- McGrath, A. E.. 2001. A Scienctific Theology. Vol. 1 Nature. Edinburgh, Scotland: T&T Clarck Co.
- Couvalis, G. 1997. The Phylosophy of Science and Objectivity. New Delhi, India: Sage Publication Ltd.
- Badii, R., Politii, A. 1997. Complexity, Hierarchical Structures and Scaling in Physics. Cambridge, UK: Cambridge U. P.
- Teacher: Balqis Masrani
Guests cannot access this course. Please log in.