Pilihan pendaftaran

Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
A22-MPD
Deskripsi:
Melakukan kajian dan analisis terhadap sistem penyelenggaraan pendidikan menengah, khususnya yang menyangkut struktur organisasinya, peran kepemimpinan dan staf pengajar serta petugas lainnya dalam rangka mengakomodasi kebutuhan pendidikan akademik dan profesional pada jenjang ini, termasuk berbagai model penyelenggaraan baik makro maupun mikro untuk menampung kebutuhan anak sebagai remaja dan adolesen yang sedang menyongsong dunia kerja atau studi lanjut di perguruan tinggi.
Capaian Pembelajaran
  • Bertaqwa Kepada Tuhan yang Maha Esa, menunjukkan sikap religius, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  • Menguasai pengetahuan konseptual dan praktis tentang berbagai teori, nilai-nilai, dan hasil-hasil riset yang terkait dengan bidang kajian manajemen pendidikan umum dan kejuruan melalui riset yang berimplikasi pada kebutuhan aktual pengelolaan sistem pendidikan nasional, dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik, serta menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidangnya
  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora pada bidang kajian manajemen pendidikan umum dan kejuruan.
  • Terampil dalam mengkaji melalui kegiatan riset dan/atau pengembangan pada bidang kajian manajemen pendidikan umum dan kejuruan berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk artikel ilmiah, dan mempublikasikannya pada jurnal nasional terakreditasi SINTA 3 dan/atau jurnal bereputasi internasional
  • Ujian
Daftar Pustaka:
  • Billett, S. 2011. Vocational Education. Purposes, Traditions and Prospects. Dordrecht Heidelberg London New York: Springer
  • Stoops, E., Rafferty, M., & Johnson, R.E. 1981. Handbook of Educational Administration. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
  • Ubben, G.C. and Hughes, L.W. 1992. The Principal: Creative Leadership for Effective Schools. Needham Height,MA: Allyn and Bacon, Inc.
  • Ulfatin, N. &Triwiyanto, T. 2016. ManajemenSumberDayaManusiaBidang Pendidikan. Jakarta: Radja GarfindoPersada.
  • Ulfatin, N. 2018. Integrated Learning BerbasisKaryaKehidupan.Malang: Penerbit UM.
  • Catts, R., Falk, I. & Wallce, R. (Ed). 2011. Vocational Learning: Innovative Theory and Practice. Unevoc. Dordrecht Heidelberg London New York: Springer
  • Educational Administration Quarterly. www.eaq.sagepub.com
  • Fogarty, R. 1997. Problem-Based Learning and Other Curriculum Models for the Mutiple Intelligences Classroom. Arlington Heights: Skylight Publishing, Inc
  • Hoy, W.K. and Miskel, C.G. 2005. Educational Administration: Theory, Research, and Practice. New York: McGaw-Hill, Inc
  • Imron, A. 2020. Manajemen Susbstantif Tingkat Satuan Pendidikan. Malang: UM Pers
  • International Journal of Educational Management. www.emeraldinsight.com Journal of Educational Administration. www.emeraldinsight.com
  • Kemendikbud. 2013. Tantangan Guru SMK Abad 21. Jakarta: Dirjen Pendidikan Menengah.
  • Rauner, F. & Maclean, R. (Ed). 2008. Handbook of Technical and Vocational Education and Training Research. Univoc Germany: Springer.
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.