Enrolment options

Tahun Akademik:
Genap 2022/2023
Kelas-Offr:
B-22BD
Deskripsi:
Deskripsi Isi Pembelajaran (Learning Material): Teori - Abstraksi data; - Konsep array, record, dan pointer: deklarasi array, operasi dasar array (penciptaan dan penghancuran, penyisipan, pengambilan nilai, pemrosesan traversal, dan pencarian), sorting (Bubble Sort), array multidimensi, array dan pointer, struktur record, serta representasi record di memori; - Sorting dan searching: insertion sort, selection sort, merging, merge sort, radix sort, tree sort, shell sort, searching dan modifikasi data,; - Stack: spesifikasi, representasi, dan aplikasi stack (ekspresi aritmatika, polish notation); - Queue: spesifikasi queue, representasi queue (linier maupun circular), dan aplikasi queue; - Dequeue: representasi sekuen dan operasi pada elemen dequeue; - Priority Queue: representasi sekuen dan operasi pada elemen priority queue; - Proses rekursif (Menara Hanoi dan implementasi prosedur secara rekursif menggunakan stack); - Linked-list: deklarasi, operasi dasar (penciptaan dan penghancuran simpul, inisialisasi linked-list, penyisipan simpul, pengha-pusan simpul, penelusuran simpul, dan pencarian simpul), dan operasi terhadap linked-list (penghapusan, inversi, penyambungan, serta panjang linked-list); - Varian singly linked-list: singly linked-list dengan last dan circular linked-list (deklarasi, operasi, implementasi, dan pencarian simpul); - Double linked-list: deklarasi dan operasi pada double linked-list; - Tree: binary tree, traversing binary tree, algoritma traversal, threads, binary search tree, searching dan inserting dalam binary tree, heap sort, panjang path (algoritma Huffman); - Hashing: Hash Table - Graph: representasi sekuensial, path terpendek (algoritma Warshall), representasi linked, operasi-operasi pada graph, traversing pada graph, dan poset (sorting secara topologi). Deskripsi Isi Pembelajaran (Learning Material): Praktik - Praktikum array; - Linked-list; - Sorting.; - Stack; - Queue dan Dequeue; - Tree; - Graph; - Hashing.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mengetahui dan memahami tentang konsep struktur data dan algoritma dalam pemrograman serta menerapkan konsep struktur data dan algoritma untuk menyelesaikan masalahmasalah pemrograman.
Daftar Pustaka:
  • - Cormen, T. H., Leiserson, C. E., Rivest, R. L., dan Stein, C. 2009. Introduction to Algorithms, 3rd Edition. Cambridge: MIT Press.
  • - Kadir, A. 2013. Teori Dan Aplikasi Struktur Data Menggunakan C++. Surabaya: Andi Publisher.
  • - Baase, Sara dan Van Gelder, Allen. 2000. Computer Algorithms Introduction to Design and Analysis. Singapore: Pearson Education Asia.
  • - Collins, William. 2003. Data Structures and the Standard Template Library. Singapore: McGraw-Hill Education
  • - Levitin, Anany V. 2003. Introduction to the Design and Analysis of Algorithms. Singapore: Pearson Education Asia.
  • - Main, Michael dan Savitch Walter. 2004. Data Structures and Other Objects Using C++. Singapore: Pearson Education Asia.
  • - Malik. 2003. Data Structures Using C++. Singapore: Thomson Learning Asia.
  • - Johnsonbaugh, Richard dan Schaefer, Marcus. 2004. Algorithms. Singapore: Pearson Education Asia.
Guests cannot access this course. Please log in.