Pilihan pendaftaran
Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
E-E
Deskripsi:
Mahasiswa mampu memahami konsep hakikat karya ilmiah, tahap penyusunan karya ilmiah yang meliputi tahap persiapan: pemilihan topik dan masalah, pembatasan topik, penentuan judul dan pembuatan kerangka karya ilmiah; pengumpulan data, pembuatan konsep, penyuntingan, pengetikan atau penyajian; sistematika penulisan skripsi, artikel, makalah, dan laporan penelitian. Selanjutnya mampu menjelaskan konsep hakikat karya ilmiah, tahap penyusunan karya ilmiah yang meliputi tahap persiapan: pemilihan topik dan masalah, pembatasan topik, penentuan judul dan pembuatan kerangka karya ilmiah; pengumpulan data, pembuatan konsep, penyuntingan, pengetikan atau penyajian; sistematika penulisan skripsi, artikel, makalah, dan laporan penelitian. Berdasarkan hal tersebut terampil menyusun dan membuat karya ilmiah sesuai dengan tahap penyusunan yang meliputi tahap persiapan: pemilihan topik dan masalah, pembatasan topik, penentuan judul dan pembuatan kerangka karya ilmiah; pengumpulan data, pembuatan konsep, penyuntingan, pengetikan atau penyajian; sistematika penulisan skripsi, artikel, makalah, dan laporan penelitian. Serta mampu menilai dan mengoreksi sebuah karya ilmiah bedasarkan hakikat dan sistematka penulisan.
Capaian Pembelajaran
Mampu memahami tentang konsep pendekatan ilmiah dalam memecahkan masalah dan mampu menulis
Trampil dalam teknik penulisan karya ilmiah
Wibowo, M. Kasmadi. 2010. Panduan Penulisan Karya Ilmiah.
Oxford, R. L. (2016). Teaching and researching language learning strategies: Self-regulation in context. Routledge.
Sternglass, M. S. (2017). Time to know them: A longitudinal study of writing and learning at the college level. Routledge.
Hyland, K. (2015). Teaching and researching writing. Routledge.
Martono, N. (2010). METODE PENELITIAN KUANTITATIF: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (sampel halaman gratis). RajaGrafindo Persada.
Indriati, E. (2002). Menulis Karya Ilmiah. Gramedia Pustaka Utama.
Sarwono, J. (2010). Pintar Menulis Karangan Ilmiah-Kunci Sukses dalam Menulis Ilmiah. Penerbit Andi.
Narimawati, U., Anggadini, D., & Ismawati, L. (2010). Penulisan Karya Ilmiah: Panduan Penulisan Skripsi Dan Tugas Akhir.
Nugrahani, F., & Al-Ma’ruf, A. I. (2015). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Nuansa Aksara.
Malang, U. N. (2010). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi(Doctoral dissertation, tesis, disertasi, artikel, makalah, tugas akhir, laporan penelitian).
Hewett, B. L. (2015). Reading to learn and writing to teach: Literacy strategies for online writing instruction. Bedford/St. Martin's.
Mackiewicz, J., & Thompson, I. (2018). Talk about writing: The tutoring strategies of experienced writing center tutors. Routledge.
- Pengajar: Dona Sandy Yudasmara S.Pd., M.Or