Pilihan pendaftaran

Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
PB-PB
Deskripsi:
Mata kuliah ini membekali mahasiswa pengetahuan konseptual pembelajaran PAI, berbagai metode pengajaran Agama Islam, strategi pemilihan metode pengajaran Agama Islam sesuai tujuan, kondisi peserta didik, sarana prasarana dan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi secara rasional, analitik dan komprehensif. Topik bahasan: (a) pengertian pendidikan dan pembelajaran, (b) faktor-faktor pendidikan agama Islam, (c) relevansi metode dan faktor-faktor pendidikan agama Islam, (d) keanekaragaman metode pembelajaran PAI, (e) sistem modul untuk PAI, (f) permainan simulasi untuk PAI, (g) PPSI dalam PAI, (h) evaluasi PAI.
Capaian Pembelajaran
  • Mampu menganalisis teori pendidikan dan pengajaran Agama Islam
  • Mampu menganalisis metode yang sesuai dengan tujuan, karakteristik peserta didik
  • Mampu mengembangkan metode yang sesuai dengan media, perkembangan ilmu pengetahuan teknologi
  • Mampu mengevaluasi kelebihan dan kekurangan metode-metode pembelajaran
  • Mampu menerapkan perancangan metode secara kreatif dan inovatif dalam penyusunan perangkat pembelajaran Agama Islam
Daftar Pustaka:
  • 1. Ahmad Tafsir, 2000. Metode pengajaran PAI. Bandung: remaja Rosdakarya
  • 2. Muhaimin.2004. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah.Bandung: Remaja Rosdakarya.
  • 3. Nasih, Kholidah, 2009. Metode dan teknik Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama
  • 4. Reigeluth,R.M. Wilson B.G. and Spller R.T.1994. The Elaboration Theory Of Instructional :Instructional Design Theory, Educational Technology Publications Englewood Cliffs.New Jersey.
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.