Enrolment options

Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
C-07HE
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar perencanaan pembelajaran, karakteristik pembelajaran berbasis kompetensi, perancangan sistem pembelajaran, dan perancangan kegiatan pembelajaran yang mendidik sesuai perkembangan kurikulum dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang memberdayakan peserta didik secara kreatif dan inovatif
Capaian Pembelajaran
  • • Merumuskan kaitan perencanaan dengan implementasi pembelajaran di SMK;
  • • Menganalisis pembelajaran berbasis kompetensi dan pembelajaran di SMK;
  • • Merancang sistem pembelajaran: kegiatan pembelajaran;
  • • Merancang sistem pembelajaran: berbagai model perencanaan pembelajaran;
  • • Menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran;
  • • Merumuskan tujuan pembelajaran, dan dampak pengiring (Soft Skills);
  • • Menyusun alat evaluasi dan rubrik penilaiannya;
  • • Menyusun materi pembelajaran: Pengertian materi pembelajaran;
  • • Membandingkan prinsip-prinsip pemilihan materi pembelajaran;
  • • Menyusun cakupan dan urutan materi pembelajaran;
  • • Memilih sumber materi pembelajaran;
  • • Memilih pendekatan dan metode pembelajaran:
  • • Menelaah berbagai pendekatan dan metode pembelajaran;
  • • Menelaah pengertian skenario pembelajaran;
  • • Merumuskan komponen skenario pembelajaran;
  • • Menyusun skenario pembelajaran: • Merumuskan pengertian sum¬ber belajar, media, alat, dan bahan; • Memilih sumber belajar/media/alat/bahan: • Membandingkan macam-macam media pembelajaran; • Merumuskan prinsip pemilihan media pembelajar¬an; • Menyusun program tahunan dan program semester; • Menyusun RPP untuk 1 KD tertentu berdasarkan silabus SMK.
Daftar Pustaka:
  • • BSNP, 2006. Panduan Penyusunan KTSP Jenjang Pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
  • • Direktorat SMP. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat SMK Ditjen Dikdasmen Depdiknas.
  • • Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Pendidikan untuk Satuan Pendidikan dasar dan Menengah.
  • • Permendiknas No. 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas No. 22 tentang Standar Isi Pendidikan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan No. 23 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  • • Puskur. 2006. Model Penilaian Kelas SMK/MAK. Jakarta: Puskur Balitbang Diknas Depdiknas.
  • • Sudjimat, Agus Dwi. 2004. Perencanaan Pembelajaran Kejuruan. Malang: Jurusan Teknik Mesin FT UM
Guests cannot access this course. Please log in.