Pilihan pendaftaran

Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
-Konsep dan ruang lingkup kurikulum pendidikan seni, meliputi: (a) konsep strategi, belajar, mengajar, dan pembelajaran; (b) hubungan strategi dengan model pembelajaran, pendekatan, metode dan teknik dalam konteks pembelajaran seni dan desain; (c) model-model pembelajaran umum dan model pembelajaran khusus seni desain dan teknik penerapannya; (d) metode pembelajaran untuk bahan ajar pengetahuan dan apresiasi seni dan desain, serta ekspresi/produksi/ketrampilan seni dan de-sain (e) penerapan/penggunaan metode untuk mewujud-kan syntax atau skenario pembelajaran seni dan desain berbahan ajar pengetahuan/apresiasi, ekspresi/ketrampilan dalam berbagai model pembelajaran seni dan desain (f) pengelolaan pembelajaran dan ketrampilan dasar mengajar (mikro); (g) lesson study dan penerapannya yang meliputi plan (penyusunan RPP), do and see (pelaksanaan/praktek pembelajaran dan observasi, refleksi (diskusi dan pembahasan).
Capaian Pembelajaran
  • 1. Menguasai berbagai konsep belajar mengajar dan pembelajaran, strategi pembelajaran, model-model pembelajaran, pendekatan pembelajaran, dan metode pembelajaran seni
  • 2. Menguasai berbagai strategi pembelajaran seni berdasarkan konsep, karakteristik, prinsip, dan syntax model pembelajaran seni.
  • 3. Menguasai konsep strategi pengorganisasian, strategi penyampaian, dan strategi pengelolaan kelas.
  • 4. Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur menyususun skenario pembelajaran bertipe apresiasi seni, ekspresi seni, pengetahuan seni, dan ketrampilan seni.
  • 5. Menguasai konsep, prinsip dan prosedurmengelola pembelajaran dan ketrampilandasarmengajar(mikro).
  • 6. Menguasai konsep, prinsip dan prosedurlesson Studydan penerapannyayangmeliputiplan (PenyusunanRPP), doandsee(pelaksanaan/praktekpembelajarandanobservasi,refleksi(diskusidanpembahasan).
Daftar Pustaka:
  • Degeng I Nyoman Sudana.1989. Ilmu pengajaran: TaksonomiVariabel. Jakarta: Depdikbud PPLPTK. DePorter, Bobby.dkk. 2000. Quantum Teaching:mempraktekkan Quantum Teaching di ruang ruang kelas.Terjemahan Ary Nilandari. Bandung : Penerbit Kaifa Iriaji, 2011. Konsep dan Strategi Pembelajaran Seni. Malang: Pustaka Kaiswaran. Joyce. B. Well. M. Calhoun E .2000. Model of Teaching.London: Allyn and Bacon. Karwati, Euis dkk. 2014. Manajemen Kelas: guru yang profesional yanginspiratif, kreatif, menyenangkan, danberprestasi. Bandung : Penerbit Alfabeta. Kasihani K.E.S. 2002.Contextual Teaching and Learning: definisi ciri dan prinsip. Malang: UM Kasihani K.E.S. 2007. Model Pembelajaran. Malang: BadanPenyelenggara Sertifikasi Guru. Kurikulum Mata Pelajaran Seni Budaya 2006. Kurikulum Mata Pelajaran Seni Budaya 2013. disertai PPperubahan oktober 2016 dan Januari 2017 Lie, A.2002. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo Nurhadi dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang. Syamsuri, Istamar, dkk. 2008. Lesson Study (studi pembelajaran).Malang : UM Soehardjo, A.J. 2005. Pendidikan Seni: dari konsep sampai program. Buku 1. Malang: UM. Soehardjo, A.J. 2011. Pendidikan Seni: Strategi penataan dan pelaksanaan pembelajaran seni. Buku2. Malang: Bayu Media Publishing. Tarjo, Enday dkk. 2009. Konsep dan Strategi PembelajaranSeni Rupa. Bandung : CV Bintang Warli Artika
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.