Pilihan pendaftaran
Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
LL-LL
Deskripsi:
Mata kuliah ini membahas
kerangka konseptual perilaku konsumen dan berbagai isu yanq relavan dalam
proses pengambilan keputusan konsumen secara terpadu dalam strategi pemasaran.
Berbagai pendekatan multidisiplin dikembangkan: psikologi, antropologi,
sosiologi, dan komunikasi. Selanjutnya dibahas faktor yang mempengaruhi
perilaku konsumen dalam melakukan pembelian mulai dari faktor eksternal seperti
budaya, kelas sosial, dan kelompok rujukan. Sedangkan dari faktor internal akan
dibahas faktor sikap, kepribadian, gaya hidup, persepsi, dan motivasi
Capaian Pembelajaran
Menguasai konsep teoritis perilaku konsumen dan cakupan ilmu perilaku konsumen.
Memahami factor yang mempengaruhi sikap dan perilaku konsumen
Memahami proses pengambilan keputusan pembelian
Menjalankan konsep perilaku konsumen dalam strategi produk, strategi promosi, strategi penetapan harga, dan strategi saluran serta e-commerce
Memahami perilaku konsumen dalam hubungannya dengan segmen pasar, targeting dan positioning.
Assael, H. 2004. Consumer Behavior: A Strategic Approach. Boston: Houghton Mifflin Company
Peter J. Paul & Olson, Jerry C. 2014. Consumer Behavior & Marketing Strategy. Asia : Mc Graw- Hill Education
Schiffman, L.G. & Kanuk, L.L. 2010. Consumer Behavior. New Jersey: Pearson Education
Sumarwan, U. 2004. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: PT Ghalia Indonesia
- Pengajar: Handri Dian Wahyudi