Enrolment options

Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Kewirausahaan Sosial Komunikasi bukan berorientasi pada profit semata, Bisnis atau usaha yang dibahas dalam mata kuliah ini terbentuk karena adanya dorongan ‘social value’ yang memberikan dampak langsung pada masyarakat. Wirausaha juga berkaitan dengan karakter dan basic skill dalam memandang permasalahan sosial menjadi profitable. Mata kuliah ini akan membahas mengenai Social Entrepreneurship Different from Commercial Entrepreneurship; Definisi, Prinsip dan ruang lingkup kewirausahaan sosial komunikasi; Jenis-jenis kewirausahaan sosial komunikasi; Peran Komunikasi Efektif dalam Wirausaha, UMKM berbasis social inclusion (inklusi sosial), UMKM berbasis social capital (modal sosial), serta UMKM berbasis komunikasi dan perubahan sosial. Mahasiswa diharapkan mampu merancang dan menerapkan pendekatan yang praktis, inovatif, serta berkelanjutan untuk memberikan dampak positif pada masyarakat ataupun mitra.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi konsep dan ruang lingkup kewirausahaan sosial
  • Mahasiswa mampu mengindefikasi peluang bisnis atau usaha berdasarkan kebutuhan dan kondisi masyarakat.
  • Mahasiswa mampu melakukan analisis situasi dan kondisi mitra yang menjalankan kewirausahaan berbasis community.
  • Mahasiswa mampu memberikan solusi alternatif bisnis dalam membangun kewirausahaan berbasis community.
  • Mahasiswa mampu melakukan scale up unit usaha dan menerapkan strategi komunikasi agar bisnis kewirausahaan dapat bertahan (sustain)
Daftar Pustaka:
  • Heller, Cheryl. (2011). A Few Things Every Entrepreneur Should Know About Communication.www.sheepless.org. Web.http://www.sheepless.org/magazine/features/few-things-every-entrepreneur-should-know-about-communicationBaum, Robert J.; Locke, Edwin A., Kirkpatrick, Shelley A., (1998). "A longitudinal study of the relation of vision and vision communication to venture growth in entrepreneurial firms." Journal of Applied Psychology 83 (1): 43–54. We
  • Chahine, T. (2016). Introduction to Social Entrepreneurship. Taylor & Francis Group, LLCCRC Press is an imprint of Taylor & Francis Group, an Informa business
  • Nicholls, A. (Ed.). (2006). Social entrepreneurship: New models of sustainable social change. Oxford University Press.
  • Praszkier, R., & Nowak, A. (2012). Social entrepreneurship: Theory and practice. Cambridge University Press.
  • Reinders, A., & Freijsen, M. (2012). The e-factor: Entrepreneurship in the social media age. Benbella Books.
  • Hockerts, K., Mair, J., & Robinson, J. (Ed.). (2010). Values and opportunities in social entrepreneurship. Palgrave Macmillan.
  • Chaffey, D. & Smith, P. R. (2017). Digital marketing excellence: planning, optimizing and integrating online marketing (5th ed.). Taylor & Francis
  • Cunha, J., Benneworth, P., & Oliveira, P. (2015). Social entrepreneurship and social innovation: A conceptual distinction. In L. C. Farinha, J. Ferreira, H. Smith, & S. Bagchi-Sen (Eds.), Handbook of research on global competitive advantage through innovation and entrepreneurship (pp. 616-639). IGI Global.
  • Kummitha, R. K. R. (2017). Social entrepreneurship and social inclusion. Springer Books
Guests cannot access this course. Please log in.