Enrolment options

Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Mata kuliah ini mengajarkan mengenai konsep, metode, dan teknik dalam menghitung biaya suatu objek biaya, dengan fokus utama pada perhitungan harga pokok produk dalam konteks perusahaan pabrik. Alasan pemilihan perusahaan pabrik sebagai fokus pembahasan adalah karena aktivitas yang terlibat dalam perusahaan pabrik lebih kompleks dibandingkan dengan perusahaan dagang dan jasa. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang akuntansi biaya dalam konteks perusahaan pabrik, diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikannya dalam perusahaan dagang, perusahaan jasa, serta objek biaya lainnya yang relevan dalam pengambilan keputusan manajemen, seperti aktivitas, pelanggan, pemasok, dan lainnya. Mata kuliah ini membahas mengenai Metode Harga Pokok Proses, Metode Harga Pokok Pesanan, Variabel Costing, Biaya Mutu dan Akuntansi untuk Kerugian dalam Biaya Produksi, Sistem biaya taksiran, Sistem biaya standar, Sistem Biaya Differensial.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis konsep dan peran akuntansi biaya serta, klasifikasi, dan perilaku biaya pada penyusunan laporan biaya produksi dalam rangka pengambilan keputusan managerial.
  • Mahasiswa mampu mengevaluasi secara komprehensif dan akurat laporan biaya produksi yang mencakup komponen biaya bahan baku, tenaga kerja, dan overhead.
  • Mahasiswa mampu secara kolaboratif menganalisis, menentukan, dan memberikan solusi kreatif mengenai metode akumulasi biaya yang sesuai untuk perusahaan maupun UMKM yang mencakup metode penghitungan harga pokok berdasarkan pesanan (Job Order Costing) dan berdasarkan proses (Process Costing)
  • Mahasiswa mampu mengevaluasi secara logis konsep dan penerapan sistem biaya standar dalam rangka pengendalian biaya produksi sehingga dan mengukur efisiensi produksi.
Daftar Pustaka:
  • Carter, William K. (2009). Akuntansi Biaya. Jilid 1. Edisi Keempatbelas. Jakarta: Salemba Empat. [C1]
Guests cannot access this course. Please log in.