Enrolment options

Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A-AB
Deskripsi:
Kajian dalam mata kuliah membahas teknologi informatika saat ini dan masa depan serta dampaknya terhadap makna keseluruhan menjadi manusia. Topik umum yang terkait dalam psikologi siber meliputi : perbedaan antara dunia online vs dunia offline, tentang bagaimana citra diri virtual dibandingkan dengan citra diri tradisional secara riel, kajian tentang teknologi dan dunia maya apakah mengubah pemaknaan diri menjadi manusia, serta tentang bagaimana teknologi dan dunia maya membentuk perilaku, pikiran, perkataan, dan tindakan individu. Beberapa topik khusus di latar belakang aplikasi psikologi klinis mikro dan makro yang dibahas antara lain: identitas online di era aplikasi, hubungan online dan internet, memahami komunikasi dan interaksi di dunia maya, tipe kepribadian di dunia maya, transferensi ke komputer, kecanduan internet, cyberbullying dan jenis perilaku lain di dunia maya, peran dan relasi gender di lingkungan digital, dan dampak relasi online terhadap budaya, sosial, dan efek psikologis drone, psikologi sosial mesin pencari, dan sistem kognitif dalam membedakan tindakan, pikiran, dan perilaku antara dunia online dan offline.
Capaian Pembelajaran
  • 1. Mahasiswa menganalisis melalui mendefinisikan dan mendiskusikan istilah psikologi siber dan menunjukkan terminologi dasar, konsep, dan disiplin prinsip-prinsip di dalamnya.
  • 2. Mahasiswa menganalisis melalui identifikasi, evaluasi, dan membandingkan perspektif -perspektif utama dalam psikologi siber.
  • 3. Mahasiswa mendiskusikan dan menjelaskan teori sistem pengendali yang didasarkan pada komunikasi atau pemrosesan informasi, yang terjadi pada individu, kelompok, organisasi, negara dan mesin atau teknologi.
  • 4. Mahasiswa mendiskusikan bagaimana peran individu dalam mengendalikan umpan balik sistem lainnya seperti sistem kelompok, organisasi, negara dan teknologi.
  • 5. Mahasiswa mengulas dan mendiskusikan secara kritis mengenai teori kepribadian dan hubungan antar pribadi dikaitkan dengan prinsip dalam psikologi siber.
  • 6. Mahasiswa mengidentifikasi beberapa perilaku manusia yang dimotivasi oleh dunia maya dan memiliki keanekaragaman efek atau dampaknya pada persoalan kesehatan mental individu dan kelompok serta masyarakat.
  • 7. Mahasiswa membahas cara-cara teori psikologi siber yang dapat digunakan untuk menilai, memprediksi, mengubah perilaku dan meningkatkan well being/kesejahteraan manusia.
  • 8. Mendiskusikan dan merancang bagaimana penerapan psikologi siber dengan pendekatan psikososial untuk tujuan psikoedukasi kesehatan mental.
  • 9. Mahasiswa mengenali bagaimana setiap pendekatan memandang proses berfikir dan proses berperilaku manusia di dunia siber
Daftar Pustaka:
  • Harley, D. (2022). Mindfulness in a Digital World. Palgrave Macmillan
  • Harley, D., Morgan, J., & Frith, H. (2018). Cyberpsychology as everyday digital experience across the lifespan. Springer.
  • Parsons, T. D. (2019). Ethical challenges in digital psychology and cyberpsychology. Cambridge University Press.
  • Phippen, A., & Street, L. (2021). Online Resilience and Wellbeing in Young People Representing the Young People. Palgrave Macmillan
Guests cannot access this course. Please log in.