Enrolment options

Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
A23-A23
Deskripsi:
Melakukan kajian mengenai keefektivan kepemim¬pinan dalam penyelenggaraan dan pelaksanaan PAUD. Tekanan diberikan kepada pengkajian perilaku dan nilai dasar kepemimpinan PAUD, pelba¬gai teori dan asumsi kepemimpinan dalam memotivasi kerja dan meningkatkan keefektivan organisasi, fungsi dan peranan organisasi, serta strategi dan taktik dalam memim¬pin organisasi dan personalia pendidikan. Melakukan kajian mengenai kepemimpinan pembelajaran dan pendekatan penyelenggaraan su¬pervisi pembelajaran, mencakup sejarah, prinsip, sifat, fungsi dan peranan supervisi. Tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektivan pelaksanaan program supervisi pembelajaran di PAUD juga dibahas, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendalanya untuk menemukan alternatif perbaikan dan peningkatan supervisi pembelajaran.
Capaian Pembelajaran
  • Memahami dan mengembangkan kepemimpinan pendidikan dan kepemimpinan pembelajaran pada pendidikan anak usia dini
  • Memahami dan mengembangkan supervisi pendidikan dalam pengembangan profesionalisme pendidik PAUD
  • Menumbuhkan kecakapan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif dalam memerankan sebagai pemimpin, supervisor, praktisi, pengembang, pengelola, tenaga fungsional akademik bidang PAUD
Daftar Pustaka:
  • Arifin, Imron., & Mike S. 2018. Kepemimpinan Pendidik PAUD dalam Pembelajaran Karakter Melalui Program Family Inn. Surabaya: Jenggala Pustaka Utama
  • Arifin, Imron., Membraku, N.S., & Tanta. 2019. Kepemimpinan Pendidikan Memasuki Era Revolusi Industri 4.0. Malang: Universitas Negeri Malang Press (UM Press)
  • Arikunto, S. 2004. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta
  • Dharma, A. 2015. Manajemen Supervisi: Petunjuk Praktis bagi Para Supervisor. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  • Ebbeck, M., & Waniganayake, M. 2015. Early Childhood Professionals: Leading Today and Tomorrow. Sydney: MacLennan & Petty, Elsevier Australia
  • Glickman, C.D., Gordon, S.P., & Ross-Gordon, J.M. 2014. Supervision and Instructional Leadership: A Developmental Approach. 12th edition. Boston: Pearson Education, Inc
  • Maisyaroh, Burhanuddin, & Imron, A. (Eds) 2007. Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional. Malang: FIP Universitas Negeri Malang
  • Makawimbang, J.H. 2013. Supervisi Klinis: Teori dan Pengukurannya, analisis di bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  • Oliva, P.F. 2006. Supervision for Today’s Schools. 6nd Edition. New York: Longman.
  • Rood, J. 2007. Leadership in Early Childhood (Kepemimpinan PAUD). Terjemahan Imron Arifin. Yogyakarta: Aditya Media
Guests cannot access this course. Please log in.