Pilihan pendaftaran

Tahun Akademik:
Genap 2023/2024
Kelas-Offr:
B23-B23
Deskripsi:
Melalui proses perkuliahan dengan pembelajaran konstruktivistik dan aktif, mahasiswa mampu: pertama, menemukan dan menguasai substansi yang bersifat teoretik tentang: (1) Landasan filosofis dan prinsip-prinsip pendidikan nilai dan karakter pada pendidikan AUD; (2) Dunia Afektif: Nilai, Moral, dan Norma; (3) Pendidikan Nilai dan Karakter: Tujuan, Sumber dan Media Pembelajaran, Strategi, Pendekatan, Model, Metode, Teknik, dan Asesment dalam Pendidikan Nilai dan Karakter untuk AUD; (4) Pembelajaran Nilai-nilai Kehidupan bagi AUD dalam Pendidikan Anak Usia Dini. (5) Best Practice Pendidikan Karakter dalam Berbagai Satuan Pendidikan Anak Usia Dini; dan Kedua, mampu mengkonstruksi Grand Desain Pendidikan Karakter (Pembiasaan) pada Satuan PAUD; dan Ketiga, mampu memonitoring dan mengevaluasi praktik pendidikan karakter pada satuan pendidikan AUD
Capaian Pembelajaran
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri dan menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  • Mengkaji landasan dan teori tentang pendidikan nilai dan karakter
  • Menganalisis model, pendekatan, dan metode asesmen pendidikan nilai dan karakter anak usia dini melalui berbagai kegiatan studi dan riset untuk menghasilkan pengetahuan ilmiah dan praktik yang inovatif dan teruji
  • Mengembangkan perangkat pembelajaran dan layanan pendidikan berorientasi kecerdasan jamak terintegrasi nilai karakter dan nilai-nilai kearifan lokal dan kecerdasan jamak untuk PAUD
  • Mengembangkan model asesmen dan evaluasi dalam bidang pendidikan nilai dan karakter anak usia dini
  • Mengembangkan model, media, sumber belajar, dan desain pembelajaran nilai-nilai kehidupan untuk memfasilitasi layanan pendidikan AUD
  • Mengembangkan desain pendidikan nilai dan karakter di PAUD dengan pendekatan komprehenshif
Daftar Pustaka:
  • Dianne G. Tilman, & Diana Hsu, 2018. Living Values Education: Activities for Children Ages 3-7 Book I. Dianne G. Tilman, & Diana Hsu, 2018. Living Values Education: Activities for Children Ages 3-7 Book II.
  • Imron Arifin & Mike Supraptiwi. 2018. Kepemimpinan Pendidik PAUD dalam Pembelajaran Karakter Melalui Program Family Inn. Surabaya: Jenggala Pustaka Utama
  • Sa’dun Akbar, 2016. Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar: Best Practice. Malang: UM Press.
  • Sa’dun Akbar, 2019. Pengembangan Nilai Agama dan Moral bagi Anak Usia Dini, Bandung: Rifka Aditama,
  • Sa’dun Akbar & Lenita Puspitasari, 2018. Ten Minutes for School Environments: Strengthening Character Education Policy in DIY. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 244, 1st International Conference on Early Childhood and Primary Education (ECPE 2018)
  • Sa’dun Akbar, Eny Nur Aisyah, & Lenita Puspitasari. 2018. Model of Learning Moral Religious Values for Early Children Oriented Constructtivistics, makalah Seminar Internasional ICLI
Tamu tidak dapat mengakses kursus ini, silahkan login.