Enrolment options
Landasan Keilmuan dan Perkembangan AUD
Course modified date: 25 Jun 2024
Tahun Akademik:
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A7A-PAUD
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji tentang Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini, Prinsip – prinsip Perkembangan Anak Usia Dini, Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini,Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini, Landasan Pendidikan Anak Usia Dini, Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini, Tokoh-tokoh Pendidikan Anak Usia Dini (Grand Teori), Kebijakan-kebijakan Pemerintah tentang Pendidikan Anak Usia Dini, Karakter, Cara Belajar, dan Bentuk Pembelajaran di PAUD.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2023/2024
Kelas-Offr:
A7A-PAUD
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji tentang Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini, Prinsip – prinsip Perkembangan Anak Usia Dini, Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini,Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini, Landasan Pendidikan Anak Usia Dini, Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini, Tokoh-tokoh Pendidikan Anak Usia Dini (Grand Teori), Kebijakan-kebijakan Pemerintah tentang Pendidikan Anak Usia Dini, Karakter, Cara Belajar, dan Bentuk Pembelajaran di PAUD.
Capaian Pembelajaran
- Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam penguasaan konsep dasar pendidikan anak usia dini
- Menguasai berbagai grand teori tentang PAUD (Froebel, Montessori, Helen Parkhurst, Reggio Emilia, Jahn Lighart, John Dewey, Piaget, Vygotsky, dan Ki Hajar Dewantara)
- Mengkaji dan menerapkan pengetahuan tentang grand teori pendidikan anak usia dini
- Menguasai karakteristik, cara belajar anak, dan berbagai bentuk pembelajaran di lembaga PAUD
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
- Mampu menganalisa Teori Perkembangan AUD
- Mampu menganalisa dasar- dasar perkembangan AUD
- Mampu menganalisa karakteristik dan tahapan Perkembangan Kognitif dan Bahasa AUD
- Mampu menganalisa karakteristik dan tahapan Perkembangan Personal dan Sosial AUD
- Mampu menelaah konteks perkembangan AUD
- Permendikbud 137 dan 146 PAUD.
- Montessori, Maria. (2013). THE MONTESSORI METHOD. The Origin of an Educational Innovation: Including an Abridged and Annotated Edition of Maria Montessori’s The Montessori Method. Lanham, Maryland U.S.A. Rowman & Littlefield Publishers, Inc.
- Santrock, John. W. 2002. Life-Span Development, Terjemahan Juda Damanik dan Achmad Chusairi. Jakarta: Erlangga.
- Wortham, Sue C. 2006. Early Childhood Curriculum. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall.
- Morrison, George S. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Edisi kelima. Jakarta: PT. INDEKS.
- Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT.INDEKS.
- Suparno, Paul. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget.Kanisius: Jogjakarta A+E Networks Corporate. 2013. Jean Piaget.Biography ( Synopsis, Early Life, Psychological Studies, Death and Legacy). (Online). http://www.biography.com/people/jean-piaget-9439915?page=1.
- Brodova, Elena dan Leang J.Deborah. 1996. Tool of The Mind. New Jersey: Upper Saddle River.
- Cherry, Khendra. 2013. Lev Vygotsky Biography. (Online). http://psychology.about.com/od/ profilesmz/p/vygotsky.htm.
- Berk, E Laura. 2015. Child Development ninth edition. Illinois State University: Pearson.
- Fichtner, Bernd, et all (Ed.) 2011. Children Development and Education. Germany: Springer
- Jahja, Yudrik. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenada Media Group
- Purwanto, Ngalim. 2017. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rosdakarya
- Sunarto, Agung Hartono. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Rineka Cipta
- Teacher: Nur Anisa
- Enrolled students: 30
Guests cannot access this course. Please log in.