Enrolment options

Tahun Akademik:
Gasal 2019/2020
Kelas-Offr:
c8-PLS
Deskripsi:

Mahasiswa mampu menguasai konsep-konsep pokok dan aspek-aspek utama filsafat pendidikan sebagai landasan pengelolaan dan pengembangan pendidikan non formal secara kritis, kreatif, bekerjasama, komunikatif, melek (literasi) teknologi informasi serta memiliki integritas dan berkarakter


Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu memahami rasional pentingnya filsafat pendidikan

  • Mahasiswa mampu memahami spektrum filsafat pendidikan, yang meliputi: konsep, karakteristik, dan sejarah perkembangannya

  • Mahasiswa mampu memahami bidang/aspek, fokus/obyek kajian, dan aliran-aliran pemikiran dalam filsafat pendidikan

  • Mahasiswa memiliki keterampilan mengidentifikasi dan menganalisis praktik dan permasalahan pendidikan berdasar perspektif filsafat pendidikan.

  • Mahasiswa memiliki sikap positif dan karakter baik untuk mengikuti pembelajaran.

  • Kontrak Belajar

  • Ujian

Daftar Pustaka:
  • Suriasumantri,Jujun S.1995. Ilmu Dalam Perspektif: Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakekat Ilmu. Jakarta: PTGramedia.

  •  Djumransyah,H.M.2004. Pengantar Filsafat Pedidikan. Malang: Bayu Media.

  • Noorsyam, M. 1984.Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pendidikan Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

  • Murtiningsih,S. 2006. Pendidikan Alat Perlawanan: Teori Pendidikan Radikal Paulo Freire. Sleman: Resist Book.

  • Redja Mudyahardja, 2010.Filsafat Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rosda

  • Fattah Hanurawan, 2010. Filsafat Pendidikan. Malang: UM Press

  •  UU 20/2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional

  • Suhartono, 2009. Filsafat Pendidikan, Jakarta: Ar-Ruzz Media

  • Jalaludin dan Abdullah Idi.2009. Filsafat Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruz Media.


Guests cannot access this course. Please log in.