Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
M1-M1
Deskripsi:
Memberikan pengalaman belajar secara terbuka dan memiliki semangat belajar yang tinggi agar mampu memahami teori tentang keberadaan dan peranan seni dalam pendidikan yang meliputi program pembelajaran seni. Kompetensi yang akan dicapai meliputi: (a) memahami relevansi seni dan pendidikan berdasarkan tinjauan filosofis, psikologis, dan historis; (b) mengidentifikasi dan mendiskripsikan perkembangan konsep, fungsi, dan tujuan pendidikan seni di manca negara; dan (c) terampil menganalisis permasalahan pendidikan seni di sekolah berdasar konsep, fungsi, tujuan, dan sistem pengajaran seni.
Capaian Pembelajaran
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
M1-M1
Deskripsi:
Memberikan pengalaman belajar secara terbuka dan memiliki semangat belajar yang tinggi agar mampu memahami teori tentang keberadaan dan peranan seni dalam pendidikan yang meliputi program pembelajaran seni. Kompetensi yang akan dicapai meliputi: (a) memahami relevansi seni dan pendidikan berdasarkan tinjauan filosofis, psikologis, dan historis; (b) mengidentifikasi dan mendiskripsikan perkembangan konsep, fungsi, dan tujuan pendidikan seni di manca negara; dan (c) terampil menganalisis permasalahan pendidikan seni di sekolah berdasar konsep, fungsi, tujuan, dan sistem pengajaran seni.
Capaian Pembelajaran
- Menjelaskan pengertian dua konsep pendidikan seni sebagai landasan pendidikan seni di Lembaga Pendidikan Seni Kejuruan dan Lembaga Pendidikan Umum.
- Menyebutkan sistem pendidikan seni yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan seni Kejuruan dan pendidikan Umum.
- Menyebutkan periodisasi perkembangan Konsep Pendidikan Seni di lembaga pendidikan umum di seluruh dunia, dan pengaruhnya terhadap Indonesia.
- Menjelaskan Konsep Pemfungsian Seni sebagai hasil hubungan kausal antara Konsep Pendidikan dan Konsep seni.
- Menjelaskan adanya aneka paradigma pendidikan seni yang berkonsep pemfungsian seni dalam Program Pendidikan pada umumnya.
- Menemukan konsep pendidikan seni yang dijadikan landasan Program Pendidikan dalam matapelajaran Seni Budaya versi Kurikulum 2013.
- Mengenal etika, norma dan budaya nusantara sebagi kearifan lokal dalam pendidikan seni.
- Menganalisis hakikat, konsep, dan peran seni yang mendasari pengembangan desain dan program pendidikan seni di sekolah.
- Dewantara, Ki Hadjar. 2013 (a). Pendidikan (I). Yogyakarta: UST-Press
- Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Surabaya:Unesa University Press
- Pambudhi, Hajar. 2012. Pendidikan Seni; Hakikat, Kurikulum, Pendidikan Seni, dan Pengajaran Seni untuk Anak. Yogyakarta: UNY Press.
- Rohidi, Tjetjep Rohendi. 2016. Pendidikan Seni; Isu dan Paradigma. Semarang: CV. Cipta Prima Nusantara Semarang.
- Soehardjo. 2005. Pendidikan Seni, dari Konsep sampai Program (Buku I). Malang: Banyumedia Publishing
- Soehardjo. 2011. Pendidikan Seni, Strategi Penataan dan Pelaksanaan Pembelajaran Seni. Malang: Banyumedia Publishing.
- Triyanto. 2017. Spirit Ideologis Pendidikan Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara
- Tilaar. 2008. Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung:: Remaja Rosdakarya.
- Teacher: ika wahyu widyawati
- Enrolled students: 22
Guests cannot access this course. Please log in.