Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Proses perkembangan masyarakat dari tahap awal hingga terbentuknya sistem politik, ekonomi, dan sosial bangsa-bangsa di dunia, khususnya Asia, Eropa, Amerika, Australia-Oceania, dan Afrika
Capaian Pembelajaran
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Proses perkembangan masyarakat dari tahap awal hingga terbentuknya sistem politik, ekonomi, dan sosial bangsa-bangsa di dunia, khususnya Asia, Eropa, Amerika, Australia-Oceania, dan Afrika
Capaian Pembelajaran
- Mampu mengidentifikasi peradaban kuno yang muncul pertama kali di dunia dan keterkaitannya antar peradaban besar di dunia
- Mampu mengidentifikasi kondisi sosial, ekonomi dan budaya, konflik, serta kerjasama peradaban awal dunia
- Mampu mengaplikasikan tema-tema besar peradaban dunia dalam bentuk dalam historiografi yang kritis demi pemahaman realitas kekinian dan kecenderungan masa depan
- Ali, R. M. (2005). Pengantar ilmu sejarah Indonesia. LKiS Pelangi Aksara
- Daldjoeni, N. (1982). Geografi Kesejarahan I dan II. Bandung: Alumni
- Kaplan, D & Manners, A.A. (2000). Teori Budaya. Yogyakarta: Kepustakaan Pelajar
- Koentjaraningrat. (1980). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT.Rineka Cipta
- Kuntowijoyo, D. R. (2005). Pengantar ilmu sejarah. Bentang Pustaka
- Raharjo, S. (2001). Dimensi-dimensi Peradaban dan Permasalahannya. Dalam E. Sedyawati & S. Zuhdi (Eds.). Arung Samudera (hlm 619-644). Jakarta: PPKB Lemlit UI & Adikarya IKAPI
- Saputra, Y. W., & Azmi, M. (2022). Geografi Sejarah Peradaban Dunia Kuno. Borneo Riset Edukasi
- Septianingrum, A. (2017). Sejarah Peradaban Dunia Kuno Empat Benua. Anak Hebat Indonesia
- Sulistyanto, B. Dkk (Eds.) (1995). Manusia dalam Ruang: Studi Kawasan dalam Arkeologi. Dalam Berkala Arkeologi Th XV. Yogyakarta: Balai Arkeologi
- Teacher: Daya Wijaya
- Enrolled students: 33
Guests cannot access this course. Please log in.