Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
C3-C3
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi kajian tentang hakikat belajar dan pembelajaran sesuai konteks pendidikan abad 21, karakteristik belajar dan pembelajaran berdasarkan konteks pendidikan abad 21, unsur dan prinsip belajar berdasarkan konteks pendidikan abad 21, determinan yang berpengaruh dalam proses belajar, identifikasi kondisi pembelajaran dan modalitas belajar dalam konteks pendidikan abad 21, teori belajar dan pembelajaran dalam konteks pendidikan abad 21, komponen pembelajaran sebagai suatu sistem (peserta didik, guru, tujuan, isi, strategi, media belajar, dan evaluasi), model-model pembelajaran menurut rumpunnya, perancangan pembelajaran (tujuan pembelajaran, penilaian autentik dan perangkat) dalam konteks pendidikan abad 21 untuk mendukung pembangunan berkelanjutan (SDGs).
Capaian Pembelajaran
Gasal 2024/2025
Kelas-Offr:
C3-C3
Deskripsi:
Matakuliah ini berisi kajian tentang hakikat belajar dan pembelajaran sesuai konteks pendidikan abad 21, karakteristik belajar dan pembelajaran berdasarkan konteks pendidikan abad 21, unsur dan prinsip belajar berdasarkan konteks pendidikan abad 21, determinan yang berpengaruh dalam proses belajar, identifikasi kondisi pembelajaran dan modalitas belajar dalam konteks pendidikan abad 21, teori belajar dan pembelajaran dalam konteks pendidikan abad 21, komponen pembelajaran sebagai suatu sistem (peserta didik, guru, tujuan, isi, strategi, media belajar, dan evaluasi), model-model pembelajaran menurut rumpunnya, perancangan pembelajaran (tujuan pembelajaran, penilaian autentik dan perangkat) dalam konteks pendidikan abad 21 untuk mendukung pembangunan berkelanjutan (SDGs).
Capaian Pembelajaran
- Mengkaji secara komprehensif hakikat belajar dan pembelajaran berdasarkan konteks pendidikan abad 21
- Menganalisis secara komprehensif teori-teori belajar dan pembelajaran berdasarkan konteks pendidikan abad 21
- Menganalisis komponen-komponen pembelajaran berdasarkan konteks pendidikan abad 21
- Merancang pembelajaran dalam konteks pendidikan abad 21 untuk mendukung pembangunan berkelanjutan (SDGs)
- Utama, Candra, dkk. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
- Arends, R., & Castle, S. (2011). Learning to teach (9th edition). New York: McGraw-Hill.
- Trilling, Bernie and Fadel, Charles. (2019). 21st century skills: learning for life in our times. San Francisco: A Willey Imprint.
- Priyatna, Andri. (2013). Pahami Gaya Belajar Anak! Memaksimalkan Potensi Anak dengan Modifikasi Gaya Belajar. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
- Schunk, Dale H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective (6th edition). Boston: Pearson Education, Inc.
- Olson, Matthew H and Hergenhahn, B, R. (2016). An introduction to theories of learning. New York: Psychology Press
- Anggraena, Yogi, dkk. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan
- Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design Of Instruction (8th ed.). Pearson.
- Joyce, Bruce R., Weil, Marsha, and Calhoun, Emily. (2019). Models of Teaching (9th edition). Prentice Hall.
- Miller, M. D., Linn, Robert. L., & Gronlund, Norman. E. (2009). Measurement and assessment in teaching. In Pearson Education, Inc. Pearson Education, Inc.
- Teacher: Subanji Dr. , S.Pd, M.Si
- Enrolled students: 41
Guests cannot access this course. Please log in.