Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Matakuliah iniberisi konsep dasar filologi, kedudukan filologi, filologi sebagai ilmu bantu, masalah naskah dan teks, transkripsi dan trasliteras naskah, metode penelitian filologi, cara kerja filologi pada karya sastra nusantara, dan penggarapan naskah. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami seluk-beluk filologi dan teorinya serta mampu menjelaskan cara kerja filologi.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
G-G
Deskripsi:
Matakuliah iniberisi konsep dasar filologi, kedudukan filologi, filologi sebagai ilmu bantu, masalah naskah dan teks, transkripsi dan trasliteras naskah, metode penelitian filologi, cara kerja filologi pada karya sastra nusantara, dan penggarapan naskah. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa dapat memahami seluk-beluk filologi dan teorinya serta mampu menjelaskan cara kerja filologi.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep, prinsip dan prosedur filologi
- Mahasiswa memiliki pengetahuan Filologi sebagai ilmu bantu
- Mahasiswa memiliki pengetahuan pendekatan dan metode dalam kajian Filologi
- Mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan transkripsi dan transliterasi.
- Mahasiswa menerapkan teori Filologi dan metode penelitian filologi dalam mengkaji naskah beraksara Jawa maupun Arab Melayu
- Sutrisno, Sulastin. 1981. Relevansi Filologi. Yogyakarta: Liberty.
- Wurianto, Arif Budi. 2000. Filologi. Malang: UMM Press.
- Aminoedin, Anis. 1981. Penelitian Bahasa dan Sastra dalam Naskah Cerita Sri Tanjung di Banyuwangi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.
- Basuki, Anhari, dkk. 2004. Pengantar Filologi. Semarang: Fasindo, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra Universitas Diponegoro.
- Baried, Siti Baroroh, dkk. 1985. Pengantar Teori Filologi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Depdikbud.
- Behrend, T.E. dan Titik Pudjiastuti. 1997. Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 3A Fakultas Sastra Universitas Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan Ecole Francaise 141 D’Extreme Orient.
- Behrend, T.E. 1997. Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 1 Museum Sonobudoyo Yogyakarta.
- Harsono, Andi. 2005. Tafsir Ajaran Serat Wulangreh. Yogyakarta: Pura Pustaka.
- Ikram, Achadiati. 1980. Hikayat Sri Rama Suntingan naskah disertai telaah Amanat dan Struktur. Jakarta: Universitas Indonesia.
- Ikram, Achdiat. 1997. Filologi Nusantara. Jakarta: Pustaka Jaya.
- Maziyah, Siti. 2005. Kontroversi Serat Gatholoco (Pendekatan Teologis Penganut Kejawen dengan Paham Puritan). Yogyakarta: Warta Pustaka.
- Poerbatjaraka, R.M.Ng. 1950. Indonesische Handschriften. Bandung: AC. Nix & Co.
- Poerbatjaraka, R.M.Ng. 1954. Kapustakan Djawi. Jakarta: Djambatan.
- Robson, S.O. 1994. Prinsip-Prinsip Filologi Indonesia. Jakarta: kerjasama Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Universitas Leiden, Belanda.
- Thohir, Mudjahirin.2013.Multikulturalisme (agama, budaya, dan sastra). Semarang: Gigih Pustaka Mandiri.
- Sudjiman, Panuti. 1995. Filologi Melayu. Jakarta: Pustaka Jaya.
- Sulistyorini, Dwi. 2001. Modul Filologi. Malang: LP3 UM
- Sulistyorini. Dwi. 2010. Filologi (Teori dan Penerapannya). Malang: Intrans Publishing
- Teacher: Dwi Sulistyorini
- Enrolled students: 41
Guests cannot access this course. Please log in.