Enrolment options

Evaluasi Pembelajaran Geografi
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Mata kuliah ini mencakup kajian tentang konsep dasar pengukuran, penilaian, dan evaluasi pembelajaran geografi, ciri-ciri, prinsip dasar, langkah-langkah, dan bentuk/jenis instrument pengukuran pembelajaran Geografi. Selain itu matakuliah ini juga mencangkup pengembangan instrument pengukuran meliputi kisi-kisi soal, rubrik penilaian, instrument tes (soal), dan instrument nontes (angket, pedoman wawancara, lembar observasi, lembar aktivitas siswa, lembar diskusi dan instrument non tes lainnya) serta pengujian validitas dan reliabilitas instrument pengukuran, analisis item tes hasil belajar, nilai akhir, penyusunan ranking, pembuatan profil prestasi belajar, serta menentukan tindak lanjut dari evaluasi yang dilakukan. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode tim based project dengan metode penilaian mencakup UTS, UAS, Penugasan, dan Laporan Proyek.
Capaian Pembelajaran
  • Mahasiswa mampu memahami konsep dasar evaluasi pembelajaran geografi yang implementatif dan berkualitas secara mandiri sesuai dengan bidang keahliannya
  • Mahasiswa mampu menganalisis evaluasi pembelajaran yang ada di sekolah dan mengembangkan instrument evaluasi yang implementatif dan berkualitas secara mandiri sesuai dengan bidang keahliannya
  • Mahasiswa mampu mempraktikkan pengujian instrumen pengukuran secara manual dan melalui aplikasi SPSS yang implementatif dan berkualitas secara mandiri sesuai dengan bidang keahliannya
  • Mahasiswa mampu mengevaluasi hasil penilaian dan membuat laporan hasil penilaian yang implementatif secara mandiri sesuai dengan bidang keahliannya
Daftar Pustaka:
  • Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  • Anizar, S.Si., M.Pd. & Sardin, S.Pd., M.Pd. (2023). EVALUASI PADA KURIKULUM MERDEKA dan Pemanfaatan Hasil Penilaiannya. Aceh Besar : Edupedia Publisher
  • Dr. Rina Febriana, M.Pd. (2021). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta : PT Bumi Aksara
  • Kadek Ayu Astiti (2017). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Andi
  • Purwanto, M. Ngalim (1985). Prinsip-Prinsip & Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung, Cv Remaja Karya.
  • Permendikbud Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Satuan Pendidikan.
  • Permendikbud RI Nomor 66 Tahun 2013 (No 23 tahun 2016) tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah.
  • Permendikbud RI Nomor 68 Tahun 2013 (No 24 tahun 2016) tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
  • Surapranata, Sumarna. (2004). Analisis, Validitas, Reabilitas, dan Interprestasi Hasil Tes Jakarta; PT. Remaja Rosdakarya.
  • Sanjaja,, Wina. (2006) Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Perdana Media Grup.
  • Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung ; PT. Remaja Rosdakarya.
  • Sukmara, Dian. (2005). Implementasi Program Lifeskill Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Jalur Sekolah. Bandung: Mughni Sejahtera.
  • Yuhaelawati, Ella. (2004) Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Pakar Raya
  • Ari Kunto, Suharsimi, (1978). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta,PT Bina Aksara.
  • Budiman, Dasim. (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian Portopolio. Bandung: PT. Ganesindo.
  • Depdiknas (2004) Pedoman Penilaian Kelas. Jakarta Depdiknas.
  • Ioesmani,.(1988). Pengukuran dan Evaluasi Dalam Pengajaran. Jakarta Depdiknas.
  • Jihad, Asep, Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
  • Mehrens, Wiliam A and Irvin J. Lehmamn.(1984). Measurement and Evaluation in Education and Psychology, New York, Holtd and Rinehart.
  • Nitko, Anthony J. (1996) Educational Assessment of Students. New Yersey: Prentice Hall, Englewood Cliff.
  • Popham, W. James (1995) Classroom Assessment. Boston: Allyn and Bacon
Guests cannot access this course. Please log in.