Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji tentang pengembangan kurikulum dan bahan ajar (Buku Teks IPS). Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan bahan ajar IPS yang integrated dan kontekstual secara mandiri berdasarkan kurikulum. Dalam perkuliahan ini dibahas tentang dasar-dasar perubahan kurikulum secara teoritis; dasar-dasar perubahan kurikulum secara filosofis; sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia; prinsip pengembangan bahan ajar berdasarkan dokumen kurikulum; pengembangan bahan ajar berdasarkan karakteristik peserta didik; sumber (literatur) sebagai konten bahan ajar; media ajar yang dapat diintegrasikan dalam bahan ajar. Pendekatan perkuliahan menggunakan implementasi case method dan team-based project. Capaian pembelajaran mahasiswa dievaluasi melalui partisipasi dalam perkuliahan dan penyelesaian project yang dikemas dalam penilaian formatif pada tengah semester (UTS) dan akhir semester (UAS).
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Matakuliah ini mengkaji tentang pengembangan kurikulum dan bahan ajar (Buku Teks IPS). Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan bahan ajar IPS yang integrated dan kontekstual secara mandiri berdasarkan kurikulum. Dalam perkuliahan ini dibahas tentang dasar-dasar perubahan kurikulum secara teoritis; dasar-dasar perubahan kurikulum secara filosofis; sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia; prinsip pengembangan bahan ajar berdasarkan dokumen kurikulum; pengembangan bahan ajar berdasarkan karakteristik peserta didik; sumber (literatur) sebagai konten bahan ajar; media ajar yang dapat diintegrasikan dalam bahan ajar. Pendekatan perkuliahan menggunakan implementasi case method dan team-based project. Capaian pembelajaran mahasiswa dievaluasi melalui partisipasi dalam perkuliahan dan penyelesaian project yang dikemas dalam penilaian formatif pada tengah semester (UTS) dan akhir semester (UAS).
Capaian Pembelajaran
- Menganalisis dasar-dasar perubahan kurikulum dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum IPS
- Terampil melakukan analisis bahan ajar IPS serta menyusun bahan ajar IPS yang integrated dan kontekstual berdasarkan kurikulum yang berlaku
- Dokumen Kurikulum Merdeka
- Akbar, Sa'dun & Hadi Sriwiyana. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Surabaya: Cipta Media.
- Anderson, Lorin W. Dan David R. Krathwohl (Ed). 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen, Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Fogarty, R. 1991. The Mindful School: How to Integrate The Curicula. Illinois: IRI/Skylight Publishing.
- Mulyasa E. 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Rohmanumerta, Fauzatul Ma’rufah & Candra Dewi. 2019. Pengembangan Ilmu Pengetahuan Sosial. Madiun: UNIPMA
- Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publiser
- Wiradimadja, Agung. 2021. Konsep Dasar IPS dengan pendekatan CLIL. Jagat litera: Kabupaten Malang
- Teacher: Agus Purnomo
- Enrolled students: 41
Guests cannot access this course. Please log in.