Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
1. konsep media pembelajaran menakup: a) pengertian, b) sejarah, c) jenis media, d) manfaat media, e) kriteria pemilihan dan penggunaan media; 2. Media sederhana, meliputi: a) kartu, b) peta, dan c) bahan otentik; 3) media pembelajaran unsur kebahasaan, meliputi: a) media pembelajaran kosakata dan b) media pembelajaran struktur bahasa; 4) media pembelajaran kemahiran berbahasa, meliputi: a) media pembelajaran menyimak, b) media pembelajaran berbicara, c) media pembelajaran membaca, dan d) media pembelajaran menulis; 5) media pembelajaran berbasis compute, meliputi: a) media audio berbasis computer, b) media visual berbasis computer, c) media pembelajaran interaktif, dan d) media pembelajaran berbasis internet.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
1. konsep media pembelajaran menakup: a) pengertian, b) sejarah, c) jenis media, d) manfaat media, e) kriteria pemilihan dan penggunaan media; 2. Media sederhana, meliputi: a) kartu, b) peta, dan c) bahan otentik; 3) media pembelajaran unsur kebahasaan, meliputi: a) media pembelajaran kosakata dan b) media pembelajaran struktur bahasa; 4) media pembelajaran kemahiran berbahasa, meliputi: a) media pembelajaran menyimak, b) media pembelajaran berbicara, c) media pembelajaran membaca, dan d) media pembelajaran menulis; 5) media pembelajaran berbasis compute, meliputi: a) media audio berbasis computer, b) media visual berbasis computer, c) media pembelajaran interaktif, dan d) media pembelajaran berbasis internet.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu:1) memahami konsep teoritis tentang hakikat media pembelajaran, menganalisis dan memecahkan problema penggunaan media, 2) memilih, menghasilkan, dan menggunakan media pembelajaran, dan 3) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan sekaligus menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa Arab secara mandiri
- 1. Dinamika dan Proyeksi Pembelajaran Bahasa Arab. (2021). (Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, MM; Toni Pransiska, M.Pd; Mawi Khusni Albar (Penyunting); Nurul Ma'rifah (Pemeriksa Aksara:); Tim Pustaka Ilmu (Perancang Sampul); Nur Afandi (Layouter): Nusamedia. 2. Asrori, Imam dan Ahsanuddin, Moh.. 2016. Media Pembelajaran Bahasa Arab: dari Kartu Sederhana sampai Web Penjelajah Dunia. Malang: Bintang Sejahtera Press. 3. Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada 4. Shini, Mahmud Ismail; Abdulaziz, Nashif Musthafa dan Husain, Mukhtar al-Thahir. 1991. Dalil al-Mu’allim ila Istikhdam ash-Shuwar wa al-Bithaqat fi Ta’lim al-Arabiyyah. Ar-riyadh: Maktabatu at-Tarbiyah al-Arabiyah li Duwal al-Khalij. 5. Media Pembelajaran Bahasa: Aplikasi Teori Belajar dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. (2018). (n.p.): Universitas Brawijaya Press. 6. Rao, Bolla Mallikharjuna. 2014. Use of Media as an Instructional Tool in English Language Teaching (ELT) at undergraduate Level. Academic Journals. Vol 5(6) PP 141-143 August 2014. ISSN: 2131-2626 7. Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Dialektika Revolusi Industri 4.0. (2020). (n.p.): Deepublish. 8. Kholis, Muhammad Nur, Abdul Ghofur, and Muhammad Zaenuri, (2020), Tasmim Al-Wasail alTa’limiyyah li Maharati al-Istima’ Khilala Android, Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Vol.12, No.1. 73–94 9. Afyuddin, Moh. Sholeh, dkk. (2023) Development of Tadris Al-'Arabiyyah Al-Mukatssaf (TAM) Textbook Based on Contextual Teaching and Learning (CTL), Asalibuna Vol.7 No.1, 1-17 Prananingrum, Afiffah Vinda, dkk. (2020). Kajian Teoritis Media Pembelajaran Bahasa Arab, Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab (KONASBARA) VI, 303-319.
- Teacher: Dr. Mohammad Ahsanuddin, S.Pd.,M.Pd.I.,M.Pd
- Enrolled students: 35
Guests cannot access this course. Please log in.