Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
H-H
Deskripsi:
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengkaji perkembangan ekonomi dan bisnis dalam era digital, bagaimana menjawab permasalahan yang kompleks mulai dari perubahan lingkungan ekonomi yang begitu cepat, perkembangan teknologi, perkembangan model bisnis baru, sampai pengembangan produk digital. Dalam mata kuliah ini diperlukan beberapa pemahaman mengenai ilmu ekonomi dan bisnis. Mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memahami konsep dan praktik tentang kemampuan menangkap peluang dari perubahan lingkungan yang cepat dan mampu menuangkannya dalam sebuah model bisnis berbasis digital. Metode yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah perpaduan konsep ceramah, presentasi, studi kasus, dan self learning / learn by project. Melalui kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami konsep ekonomi dan bisnis digital secara menyeluruh sehingga dapat diterapkan dalam kegiatan merancang sebuah produk digital.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
H-H
Deskripsi:
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengkaji perkembangan ekonomi dan bisnis dalam era digital, bagaimana menjawab permasalahan yang kompleks mulai dari perubahan lingkungan ekonomi yang begitu cepat, perkembangan teknologi, perkembangan model bisnis baru, sampai pengembangan produk digital. Dalam mata kuliah ini diperlukan beberapa pemahaman mengenai ilmu ekonomi dan bisnis. Mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memahami konsep dan praktik tentang kemampuan menangkap peluang dari perubahan lingkungan yang cepat dan mampu menuangkannya dalam sebuah model bisnis berbasis digital. Metode yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah perpaduan konsep ceramah, presentasi, studi kasus, dan self learning / learn by project. Melalui kuliah ini, mahasiswa diharapkan memahami konsep ekonomi dan bisnis digital secara menyeluruh sehingga dapat diterapkan dalam kegiatan merancang sebuah produk digital.
Capaian Pembelajaran
- Mahasiswa mampu mendemonstrasikan pengetahuan dan pemahaman tentang kebangkitan dan perkembangan konsep bisnis digital; pengembangan keunggulan kompetitif melalui teknologi; tren dan teknologi kontemporer dalam bisnis digital
- Mahasiswa akan mampu mendemonstrasikan pengetahuan dan pemahaman tentang strategi bisnis di era digital
- Mahasiswa mampu menuangkan ide dalam bentuk produk digital untuk menjawab permasalah yang ada dilingkungan sekitar
- Mahasiswa mampu membuat business plan untuk produk digital (product design, operasional, marketing, SDM, dan keuangan)
- E-conomy SEA 2019
- Malecki, E.J. & Moriset, B. (2008). Digital Economy: Business Organization, Production, Processes, and regional development. London: Routledge.
- Skala, S. (2019). Digital Startups in Transition Economies: Challenges for Management, Entrepreneurship and Education. Cham: Palgrave Pivot.
- Lowrey, Y. (2018). The Alibaba Way: Rahasia Sukses Alibaba Menuju E-commerce No.1 Dunia. Jakarta: BIP
- Chaffey, D. (2015). Digital Business and E-Commerce Management: Strategy, Implementation, and Practise Sixth Eddition. London: Pearson
- Wirtz, B.W. (2019). Digital Business Models: Concepts, Models, and The Aphabet Case Study.Switzerland: Springer.
- Chishti, S. & Barberis, J. 2016. The FINTECH Book: The Financial Technology Handbook for Investors, Entrepreneurs and Visionaries. Cornwall: Wiley.
- Lynn,T., Mooney, J.G., Rosati,J., & Cummins, M. (2019). Disrupting Finance: FinTech and Strategy in the 21st Century. Cham: Palgrave Pivot
- Baierl, R, Behrens, R, & Brem, A. (2019). Digital Entrepreneurship: Interfaces Between Digital Technologies And Entrepreneurship.Cham: Springer.
- Osterwalder, A. & Pigneur, Y. (2019).Business Model Generation. New Jersey: John Wiley & Son, Inc.
- Diana, O. A., & Kurniawan, D. T. (2020). Pengaruh Kepribadian Terhadap Intensi Berwirausaha Dalam Bidang Digital (Techno-Entrepreneur) Pada Mahasiswa Yang Telah Menempuh Mata Kuliah Kewirausahaan Di Universitas Negeri Malang. ILMU MANAJEMEN, 26.
- Kurniawan, D. T., Prameka, A. S., & Praktikto, H. (2022, September). STARA is in Sight: The Effect of STARA on Job Outcome through Job Insecurity Perception about Future Workplace on Private Companies in East Java, Indonesia. In 2022 3rd International Conference on Big Data Analytics and Practices (IBDAP) (pp. 52-56). IEEE.
- Teacher: Tomy Rizky Izzalqurny, S.E., M.S.A. 199504102020121017
- Enrolled students: 38
Guests cannot access this course. Please log in.