Enrolment options
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Melalui matakuliah ini mahasiswa mempelajari tentang ruang lingkup hingga prinsip pembelajaran. Selain itu, mendesain asesmen tes dan non tes dalam proses pengolahan hasil belajar yang adaptif terhadap IPTEK. Mahasiswa meyusun berbagai produk asesmen tes maupun non tes serta melakukan projek lapangan untuk mensimulasikan penilaian hasil belajar sosiologi dan pengolahannya selama sistematis. Dengan demikian, mahasiswa bisa bisa memiliki pengetahuan, tanggung jawab, dan adaptif terhadap perkembangan IPTEK.
Capaian Pembelajaran
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
A-A
Deskripsi:
Melalui matakuliah ini mahasiswa mempelajari tentang ruang lingkup hingga prinsip pembelajaran. Selain itu, mendesain asesmen tes dan non tes dalam proses pengolahan hasil belajar yang adaptif terhadap IPTEK. Mahasiswa meyusun berbagai produk asesmen tes maupun non tes serta melakukan projek lapangan untuk mensimulasikan penilaian hasil belajar sosiologi dan pengolahannya selama sistematis. Dengan demikian, mahasiswa bisa bisa memiliki pengetahuan, tanggung jawab, dan adaptif terhadap perkembangan IPTEK.
Capaian Pembelajaran
- Menjelaskan ruang lingkup hingga prinsip asesmen pembelajaran melalui telaah sumber dan diskusi kelompok sehingga mampu memiliki pemahaman terhadap tanggung jawab di bidang keahliannya.
- Mendesain asesmen pembelajaran tes dan non tes secara sistematis melalui pembuatan prototipe produk yang sahih sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
- Mensimulasikan proses pengolahan hasil penilaian belajar melalui projek lapangan sehingga adaptif terhadap perkembangan IPTEK terkini dan kondisi riil di lapangan.
- Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda.
- Asrul, dkk. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Citapustaka Media.
- Brookhart, Susan M. 2010. How To Assess Higher-Order Thinking Skills In Your Classroom. USA: ASCD
- Direktorat Pembinaan SMA. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidik Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kemendikbud.
- Morgan, Chris, Lee Dunn, Sharon Parry, dan Meg O’Reilly. 2004. The Student Assessment Handbook. London: RoutledgeFalmer.
- Widana, I Wayan. 2017. Modul penyusunan soal HOTS. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.
- Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. 2022.
- Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad ke-21 untuk Sekolah Dasar. 2019.
- Panduan Penilaian Tes Tertulis. 2019.
- https://www.youtube.com/watch?v=4O8SVVVVwJg&t=32s
- https://www.youtube.com/watch?v=FZOk3xow0Ts
- Teacher: Nur Hadi
- Enrolled students: 40
Guests cannot access this course. Please log in.