Enrolment options

Engine Management System
Tahun Akademik:
Genap 2024/2025
Kelas-Offr:
B2-02HD
Deskripsi:
Materi kuliah meliputi pembelajaran teori dan praktik; membahas tentang strategi kontrol pada mesin kendaraan yang umum digunakan pada mesin bensin yang ditujukan untuk mencapai efisiensi yang tinggi, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang yang rendah; meliputi: cylinder-charge control systems, system-sistem injeksi bahan bakar, system suplai bahan bakar, manifold injection, gasoline direct injection, sistem-sistem pengapian, sistem pengapian induktif, berbagai macam koil pengapian, spark plugs, kontrol elektronik, sensor-sensor, electronic control unit (ECU), emisi gas buang, control emisi catalytic, regulasi-regulasi tentang kontrol emisi, teknik-teknik pengukuran gas buang, dan sistem diagnosis
Capaian Pembelajaran
  • Memahami dan menjelaskan fungsi dan operasi kerja cylinder-charge control systems.
  • Memahami dan menjelaskan tujuan utama serta pengembangan dari sistem injeksi bahan bakar.
  • Memahami dan menjelaskan fungsi, sirkuit, dan komponen-komponen dari system suplai bahan bakar.
  • Memahami dan menjelaskan metode operasi pencampuran pada intake manifold, koreksi durasi injeksi bahan bakar, formasi campuran bahan bakar-udara, dan injector bahan bakar elektromagnetik.
  • Memahami metode operasi injeksi bahan bakar langsung, proses pembakaran, formasi campuran bahan bakar-udara, dan injector bahan bakar bertekanan tinggi.
  • Memahami perkembangan system-sistem pengapian pada mesin besin, fungsi dan metode operasi, parameter-parameter pengapian, distribusi pengapian, dan perangkat penghubung serta peredam interferensi.
  • Memahami dan menjelaskan fungsi koil pengapian, persyaratan-persyaratan, desain dan metode operasi, tipe-tipe koil pengapian, koil pengapian elektronik, parameter-parameter elektrikal, dan pengembangan coil pengapian berbasis simulasi.
  • Memahami dan menjelaskan fungsi busi, penggunaan, persyaratan, desain, bahan elektroda, konsep-konsep busi, jarak elektroda, posisi percikan, tingkat panas busi, performa busi, tipe-tipe busi dan penandaannya, serta penanganan busi.
  • Memahami dan menjelaskan kontrol elektronik open and closed-loop, versi-versi motronik, struktur system, subsistem dan fungsi-fungsi utama control elektronik.
  • Memahami dan menjelaskan level-level integrasi sensor pada aplikasi otomotif, aplikasi dan metode operasi: sensor-sensor temperature, sensor putaran mesin, sensor fase hall-effect, hot-film air-mass meter, sensor knok piezoelectric, sensor tekanan micromechanical, sensor tekanan tinggi, dan sensor lambda oksigen.
  • Memahami dan menjelaskan kondisi operasi ECU, desain dan data processing.
  • Memahami dan menjelaskan pembakaran campuran udara-bahan bakar, kandungan utama dari gas buang, serta faktor-faktor yang mempengaruhi emisi; dasar kontrol emisi; fungsi, desain dan metode operasi dari three-way catalytic converter dan catalytic converter tipe NOX accumulator; konfigurasi, pemanasan dan lambda control loop catalytic converter.
  • Memahami dan menjelaskan teknik-teknik pengukuran gas buang: tes gas buang tipe approval, analyser gas buang, dan pengetesan emisi evaporative.
  • Memahami dan menjelaskan konsep dan prosedur dari on-board diagnosis dan diagnosis di dalam bengkel.
Daftar Pustaka:
  • Reif, K., 2015. Gasoline engine management. Springer Gabler.
  • Reif, K., 2014. Diesel engine management. Berlin: Springer Vieweg.
  • General Motor. Tanpa Tahun. General Motor Fuel Injection Diagnosis. General Motor
  • Toyota Motor Co. 2006. Toyota Service Training “Team 21”. Toyota Motor Corp.
  • PT Indomobil Niaga International. Tanpa Tahun. Text book Training Mekanik EPI. PT Indomobil Niaga International: Jakarta
Guests cannot access this course. Please log in.