Topic outline

  • Welcome

       

  • Pertemuan 1



    Setelah pertemuan ini, mahasiswa diharapkan mampu mendeskripsikan konsep kewirausahaan melalui teori – teori yang mendukung serta contoh – contoh aplikasi nyata di dunia usaha.


    Selamat datang di mata kuliah "Pengembangan Edupreneurship"! Pada pertemuan pertama ini, kita akan menyelami dunia kewirausahaan dari fondasi dasarnya. Tujuannya adalah agar Anda dapat mendeskripsikan konsep kewirausahaan secara komprehensif, ditopang oleh berbagai teori pendukung yang relevan.

    Kita tidak hanya akan berfokus pada teori, tetapi juga akan mengkaji contoh-contoh aplikasi nyata dari kewirausahaan di berbagai sektor usaha. Hal ini penting agar Anda memiliki gambaran jelas bagaimana prinsip-prinsip kewirausahaan diterapkan dalam praktik.

    Materi pokok yang akan kita bahas meliputi konsep dasar kewirausahaan itu sendiri, termasuk definisi, karakteristik seorang wirausaha, serta motivasi yang mendasari munculnya semangat kewirausahaan. Selanjutnya, kita akan mengkaji bagaimana konsep-konsep tersebut diaplikasikan dalam konteks dunia usaha saat ini.

    Di akhir sesi ini, Anda diharapkan mampu menjelaskan apa itu kewirausahaan, mengenali pilar-pilar teorinya, dan memberikan contoh konkret bagaimana ide-ide inovatif diubah menjadi bisnis yang sukses. Mari kita mulai perjalanan ini dengan semangat belajar dan eksplorasi!


    Labels: 4Page: 1Feedback: 1
  • Pertemuan 2



    Setelah pertemuan ini, mahasiswa diharapkan mampu menginternalisasi nilai dan sikap yang terkandung dalam entrepreneurship, seperti etos bekerja, motifasi berprestasi, kepemimpinan, kemandirian, kreativitas, keterampilan pengambilan keputusan, dan sebagainya

    Pada pertemuan kedua mata kuliah "Pengembangan Edupreneurship" ini, kita akan berfokus pada aspek yang sangat krusial dalam dunia wirausaha: nilai dan sikap. Jika pada pertemuan sebelumnya kita sudah memahami konsep dasar kewirausahaan, kini saatnya kita menyelami internalisasi nilai dan sikap yang membentuk seorang wirausaha sukses.

    Materi pokok kita adalah nilai dan sikap dalam kewirausahaan. Kita akan membahas secara mendalam berbagai karakter penting yang harus dimiliki, diasah, dan diwujudkan oleh seorang calon edupreneur.


    Labels: 5
  • Pertemuan 3



    Menganalisis secara kritis kebutuhan dan peluang kewirausahaan dalam bidang 
    teknologi pendidikan.



    Pada pertemuan
    keempat mata kuliah "Pengembangan Edupreneurship" ini, kita akan memperluas cakrawala dengan mengidentifikasi potensi wirausaha di berbagai sektor yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Setelah memahami konsep dasar kewirausahaan, internalisasi nilai, dan analisis peluang di teknologi pendidikan, kini saatnya kita melihat bagaimana semangat wirausaha bisa tumbuh subur di beragam ladang. Materi pokok kita akan berfokus pada potensi dan peluang wirausaha dalam berbagai bidang usaha. Kita akan menjelajahi bagaimana inovasi dan kreativitas dapat menciptakan nilai ekonomi di sektor-sektor seperti kuliner, fesyen, kerajinan tangan, jasa, pertanian, hingga pariwisata. Tujuan sesi ini adalah membuka pikiran Anda terhadap banyaknya kesempatan untuk berinovasi, menciptakan produk atau layanan baru, dan memenuhi kebutuhan pasar di luar bidang pendidikan. Anda akan diajak untuk berpikir layaknya seorang penjelajah, menemukan "harta karun" potensi bisnis di tempat-tempat yang mungkin terlewatkan.

  • Pertemuan 4



    Merancang proposal kewirausahaan berbasis teknologi pendidikan yang kreatif dan inovatif.


    Pada pertemuan keempat mata kuliah "Pengembangan Edupreneurship", kita akan memulai fase krusial dalam perjalanan Anda sebagai edupreneur, yaitu penyusunan proposal proyek wirausaha. Capaian pembelajaran kita selama empat pertemuan ke depan (Pertemuan 4-7) adalah merancang proposal kewirausahaan berbasis teknologi pendidikan yang kreatif dan inovatif. Di sesi ini, kita akan berfokus pada langkah-langkah awal dan elemen-elemen penting yang harus ada dalam sebuah proposal. Anda akan diajak untuk menuangkan ide-ide edupreneurship yang telah Anda gali pada pertemuan sebelumnya ke dalam kerangka proposal yang terstruktur. Ini adalah fondasi pertama dalam mewujudkan gagasan Anda menjadi rencana bisnis yang konkret.


  • Pertemuan 5



    Merancang proposal kewirausahaan berbasis teknologi pendidikan yang kreatif dan inovatif.



    Melanjutkan dari fondasi yang telah dibangun, pada pertemuan kelima "Pengembangan Edupreneurship", kita akan membahas strategi branding dan komunikasi produk. Setelah memiliki kerangka proposal, penting bagi kita untuk memahami bagaimana produk atau layanan edutech Anda akan dikenal dan dipasarkan. Kita akan mendalami cara membangun identitas merek yang kuat dan efektif, serta merancang strategi komunikasi yang persuasif untuk menjangkau target audiens Anda. Pemahaman ini akan menjadi kunci agar proposal Anda tidak hanya berisi ide, tetapi juga rencana yang jelas untuk menarik perhatian dan membangun kepercayaan pasar.

  • Pertemuan 6



    Merancang proposal kewirausahaan berbasis teknologi pendidikan yang kreatif dan inovatif.



    Pada pertemuan keenam "Pengembangan Edupreneurship", kita akan menyelami jantung operasional dan finansial dari ide bisnis Anda dengan fokus pada penyusunan Business Model Canvas (BMC) dan rencana bisnis. BMC akan membantu Anda memvisualisasikan seluruh elemen kunci dari model bisnis Anda dalam satu halaman, mulai dari segmen pelanggan, proposisi nilai, saluran distribusi, hingga struktur biaya dan aliran pendapatan. Selain itu, kita akan mulai menyentuh aspek perencanaan keuangan yang esensial, memberikan gambaran yang lebih realistis tentang kelayakan dan keberlanjutan proyek edupreneurship Anda. Ini adalah langkah penting untuk memastikan proposal Anda tidak hanya kreatif, tetapi juga realistis dan terukur.

  • Pertemuan 7



    Merancang proposal kewirausahaan berbasis teknologi pendidikan yang kreatif dan inovatif.



    Akhirnya, pada pertemuan ketujuh "Pengembangan Edupreneurship", kita akan memasuki tahap finalisasi proposal dan persiapan pitching. Setelah melalui proses penyusunan dan perancangan model bisnis, kini saatnya untuk memoles setiap detail proposal Anda agar menjadi dokumen yang sempurna dan meyakinkan. Kita juga akan berlatih teknik pitching yang efektif, yaitu bagaimana mempresentasikan ide Anda secara singkat, padat, dan menarik di hadapan calon investor atau pihak berkepentingan lainnya. Pertemuan ini adalah puncak dari upaya Anda dalam merancang proposal kewirausahaan berbasis teknologi pendidikan yang kreatif dan inovatif, sekaligus mempersiapkan Anda untuk meluncurkan ide brilian Anda ke dunia nyata.

  • Pertemuan 8



    Melaksanakan rintisan kewirausahaan berbasis teknologi pendidikan.



    Pada pertemuan kedelapan mata kuliah "Pengembangan Edupreneurship", kita akan beralih dari fase perencanaan ke fase aksi, memulai implementasi awal proyek edupreneurship Anda. Capaian pembelajaran kita dari pertemuan ini hingga akhir semester (pertemuan 8-16) adalah melaksanakan rintisan kewirausahaan berbasis teknologi pendidikan. Di sesi ini, Anda akan mulai menerjemahkan ide-ide brilian dan rencana yang telah Anda susun ke dalam langkah-langkah nyata. Ini adalah saatnya untuk menguji hipotesis awal dan membangun prototipe atau Minimum Viable Product (MVP) dari solusi teknologi pendidikan Anda.

  • Pertemuan 9



    Melaksanakan rintisan kewirausahaan berbasis teknologi pendidikan



    Melanjutkan dari implementasi awal, pada pertemuan kesembilan "Pengembangan Edupreneurship", kita akan fokus pada simulasi pemasaran dan validasi pasar. Setelah memiliki produk rintisan, penting untuk memahami bagaimana produk Anda akan diterima oleh pasar. Kita akan melakukan berbagai simulasi untuk menguji strategi pemasaran yang telah Anda rencanakan, serta mengumpulkan umpan balik langsung dari calon pengguna atau target pasar. Ini adalah kesempatan emas untuk memahami kebutuhan pasar secara lebih mendalam dan menyesuaikan produk Anda agar lebih relevan.

  • Pertemuan 10



    Melaksanakan rintisan kewirausahaan berbasis teknologi pendidikan



    Pada pertemuan kesepuluh "Pengembangan Edupreneurship", kita akan menghadapi momen penting yaitu presentasi pitching proyek. Setelah mengimplementasikan dan memvalidasi ide Anda, kini saatnya untuk mengkomunikasikan nilai dan potensi proyek edupreneurship Anda secara efektif kepada audiens yang lebih luas. Anda akan mempresentasikan progres proyek, hasil validasi pasar, dan rencana ke depan dengan tujuan meyakinkan para pendengar tentang kelayakan dan inovasi solusi teknologi pendidikan Anda.

  • Pertemuan 11



    Melaksanakan rintisan kewirausahaan berbasis teknologi pendidikan



    Memasuki pertemuan kesebelas "Pengembangan Edupreneurship", Anda akan berpartisipasi dalam Virtual Expo & Peer Review. Ini adalah platform di mana Anda dapat memamerkan prototipe atau produk rintisan Anda kepada rekan-rekan dan mendapatkan umpan balik konstruktif dari sesama mahasiswa. Kesempatan ini sangat berharga untuk melihat proyek orang lain, belajar dari pengalaman mereka, dan mendapatkan perspektif baru yang dapat membantu Anda menyempurnakan proyek edupreneurship Anda lebih jauh.

  • Pertemuan 12





    Melaksanakan rintisan kewirausahaan berbasis teknologi pendidikan



    Pada pertemuan keduabelas "Pengembangan Edupreneurship", kita akan melakukan evaluasi kontribusi dan refleksi. Setelah melalui berbagai tahapan implementasi dan presentasi, penting untuk sejenak berhenti dan mengevaluasi peran serta kontribusi Anda dalam tim, serta merefleksikan proses pembelajaran yang telah dilalui. Ini adalah kesempatan untuk mengidentifikasi kekuatan dan area perbaikan, baik dari segi proyek maupun pengembangan diri sebagai seorang edupreneur.

  • Pertemuan 13





    Melaksanakan rintisan kewirausahaan berbasis teknologi pendidikan



    Berbekal hasil evaluasi dan refleksi, pada pertemuan ketigabelas "Pengembangan Edupreneurship", kita akan fokus pada revisi akhir dan penyempurnaan produk. Ini adalah tahap di mana Anda akan mengaplikasikan semua umpan balik yang telah diterima dari berbagai sumber, termasuk validasi pasar dan peer review, untuk meningkatkan kualitas dan fungsionalitas produk teknologi pendidikan Anda. Tujuannya adalah memastikan produk Anda semakin relevan, inovatif, dan siap untuk tahap pengembangan selanjutnya.

  • Pertemuan 14





    Melaksanakan rintisan kewirausahaan berbasis teknologi pendidikan



    Pada pertemuan keempatbelas "Pengembangan Edupreneurship", Anda akan memasuki fase dokumentasi krusial yaitu penyusunan laporan akhir proyek. Laporan ini akan merangkum seluruh perjalanan proyek edupreneurship Anda, mulai dari ide awal, proses pengembangan, hasil validasi, hingga rencana ke depan. Laporan yang komprehensif dan terstruktur dengan baik akan menjadi bukti konkret dari implementasi rintisan kewirausahaan berbasis teknologi pendidikan yang telah Anda lakukan.

  • Pertemuan 15





    Melaksanakan rintisan kewirausahaan berbasis teknologi pendidikan



    Memasuki pertemuan kelimabelas "Pengembangan Edupreneurship", kita akan melaksanakan penilaian akhir dan evaluasi tim. Pada sesi ini, proyek edupreneurship Anda akan dinilai secara menyeluruh berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, termasuk inovasi, kelayakan bisnis, implementasi, dan potensi dampak. Selain itu, kinerja tim Anda selama proses ini juga akan dievaluasi, menyoroti kolaborasi, inisiatif, dan pencapaian bersama dalam melaksanakan rintisan kewirausahaan.

  • Pertemuan 16





    Melaksanakan rintisan kewirausahaan berbasis teknologi pendidikan



    Akhirnya, pada pertemuan keenambelas "Pengembangan Edupreneurship" yang sekaligus menjadi penutup, kita akan membahas proyeksi usaha dan rencana pengembangan lanjutan. Setelah berhasil melaksanakan rintisan kewirausahaan, Anda akan diajak untuk memikirkan langkah-langkah berikutnya. Sesi ini akan fokus pada bagaimana Anda dapat membawa proyek Anda ke level berikutnya, mempertimbangkan strategi pertumbuhan, ekspansi pasar, dan inovasi berkelanjutan untuk memastikan keberlanjutan dan dampak positif dari edupreneurship Anda di masa depan.