Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Konsep dan ruang lingkup matakuliah Tinjauan Seni Rupa Dan Desain meliputi: (a) Konsep seni/desain (b) Ciri pokok seni, (c) Seni & estetika, (d) Kreativitas dalam seni, (e) Fungsi seni dan desain (f) Medium dan teknik seni rupa seni rupa &desain (g) Ragam gaya dan aliran seni rupa. (h) 3 komponen kehidupan seni, (i) seniman/desainer, proses penciptaan dan kreativitas artistik,(j) Karya seni/desain, wujud, isi, material dan teknik, () Penghayat seni/desain, proses penghayatan, pengalaman estetik dan apresiasi seni/desain
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Konsep dan ruang lingkup matakuliah Tinjauan Seni Rupa Dan Desain meliputi: (a) Konsep seni/desain (b) Ciri pokok seni, (c) Seni & estetika, (d) Kreativitas dalam seni, (e) Fungsi seni dan desain (f) Medium dan teknik seni rupa seni rupa &desain (g) Ragam gaya dan aliran seni rupa. (h) 3 komponen kehidupan seni, (i) seniman/desainer, proses penciptaan dan kreativitas artistik,(j) Karya seni/desain, wujud, isi, material dan teknik, () Penghayat seni/desain, proses penghayatan, pengalaman estetik dan apresiasi seni/desain
Capaian Pembelajaran
- Menguasai konsep dan praktik kesenirupaan meliputi pengertian seni sebagai produk (hasil karya) dengan pengertian seni sebagai aktivitas (kegiatan)
- Mengidentifikasi media seni, visualisasi karya seni/ desain, dan ruang lingkup seni/ desain
- Menjelaskan hubungan seni dan stetika serta fungsi seni/desain
- Menjelaskan hubungan seni dan kreativitas
- Mengidentifikasi ciri-ciri pokok seni/ desain
- Mengidentifikasi media seni rupa/ desain, visualisasi karya seni/ desain dan ruang lingkup seni rupa
- Membedakan gaya dan aliran dalam seni rupa
- Menjelaskan tentang 3 komponen kehidupan seni
- Menjelaskan pencipta seni/seniman dan desainer, proses penciptaan dan pengalaman artistiknya (kreasivitas artistik)
- Menjelaskan tentang karya seni, meliputi wujud, isi, dan teknik (aspek fisioplastik & aspek ideoplastik)
- Menjelskan tentang penghayat seni/ apresiator seni dan desain, proses penghayatan, dan pengalaman estetiknya (kreativitas estetik)
- Menjelaskan hubungan antara pencipta seni/ seniman/desainer, karya seni/desain, dan penghayat seni (apresiator seni)
- Mengapresiasi karya seni/desain
- Gie. The Liang. 2004. Filsafat Seni. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna
- Gie. The Liang. 1996. Filsafat Keindahan. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna
- Hartoko, Dick. 1984. Manusia Dan Seni. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
- Iskandar, Popo. 2000.Alam Pikiran Seniman. Bandung: Yayasan Aksara Indonesia
- Howe, David. 2013. EMPHATY, what it is and why it matters. (terjemahan Ahmad Lintang Lazuardi, 2015). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Junaedi, Deni. 2004. Estetika, Jalinan Subjek, Objek, dan Nilai, Yogyakarta: ArtCiv.
- Moelyadi, D. 1999. Kritik Seni. Surakarta: Penerbit UNS
- Pepperell, Robert. 2009. Posthuman, Kompleksitas Kesadaran, Manusia dan Teknologi. (Terjemanahan Hadi Purwanto).Yogyakarta: Kreasi Wacana
- Tabrani, Primadi. 2000. Proses Kreasi, Apresiasi, Belajar.Bandung: Penerbit ITB
- Sachari, Agus. 1986. ParadigmaDesain Indonesia. Jakarta: Penerbit CV Rajawali
- Soetjipto, Kacik. 1989. Sejarah Perkembangan Seni Rupa Modern. Jakarta: P2LPTK DIKTI
- Soedarso SP. 2009. Trilogi Seni. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI Yogyakarta
- Soemardjo. Jacob. 2000. Filsafat Seni. Bandung: Penerbit ITB
- Sony Kartika, Dharsono. 2017. Seni RupaModern. Bandung: Penerbit Rekayasa Sains
- Sugiharto, Bambang. 2013. Untuk Apa Seni. Bandung: Matahari
- Sukarman, Sulebar. 2007. Pendalaman Spiritual Dalam Seni. Terjemahan . Yogyakarta: Yayasan Seni Visual Indonesia
- Sutopo, HB. Tanpa Tahun. Kritik Seni.Surakarta: Penerbit UNS
- Yuliman, Sanento. 2002. Dua Seni Rupa (Jim Supangkat ed)
- Teacher: Ike Ratnawati
- Enrolled students: 31