Enrolment options
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
E-E
Deskripsi:
Mata Kuliah ini berisi (1) konsep psikolinguistik sebagai disiplin hibrida Psikologi dan Linguistik; (2) Menganalisis konsep berbahasa sebagai proses mental; (2) teori berbahasa Stimulus—Respon Skinner sebagai pembentukan kemampuan berbahasa yang dibentuk oleh kekuatan dari luar; (3) teori berbahasa competence--performance sebagai kegiatan mental model Chomsky; (4) Menganalisis konsep bahasa dan pikiran; (5) sintaksis dasar dan pemanfaatannya untuk kegiatan mental produksi bahasa, (6) kata, makna, proses morfologi, proses sintaksis dalam tahap pemahaman pesan; (7) kata, makna, proses morfologi, proses sintaksis dalam tahap penyimpanan pesan; (8) pengolahan pesan dengan berdasarkan skemata kata, bentuk kata, makna kata dan fungsi sintaksis dalam Perencanaan Ujaran; (9) problem mental berbahasa: mendengarkan dan berbicara serta membaca dan menulis Bahasa Indonesia; (10) konsep dasar dan mengidentifikasi problem mental mendengarkan--berbicara dan membaca—menulis sebagai aktivitas sosial yang melibatkan faktor mental kognitif pembicara—pendengar; (11) konsep dasar problematika mental kognitif dalam proses mendengarkan dan membaca ke dalam penyusunan instrumen penelitian mental kognitif dalam kegiatan berbahasa mendengarkan dan membaca (reseptif); dan (12) konsep dasar problematika mental kognitif dalam proses mendengarkan dan membaca ke dalam penyusunan instrumen penelitian mental kognitif dalam kegiatan berbahasa berbicara—menulis (produktif).
Capaian Pembelajaran
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
E-E
Deskripsi:
Mata Kuliah ini berisi (1) konsep psikolinguistik sebagai disiplin hibrida Psikologi dan Linguistik; (2) Menganalisis konsep berbahasa sebagai proses mental; (2) teori berbahasa Stimulus—Respon Skinner sebagai pembentukan kemampuan berbahasa yang dibentuk oleh kekuatan dari luar; (3) teori berbahasa competence--performance sebagai kegiatan mental model Chomsky; (4) Menganalisis konsep bahasa dan pikiran; (5) sintaksis dasar dan pemanfaatannya untuk kegiatan mental produksi bahasa, (6) kata, makna, proses morfologi, proses sintaksis dalam tahap pemahaman pesan; (7) kata, makna, proses morfologi, proses sintaksis dalam tahap penyimpanan pesan; (8) pengolahan pesan dengan berdasarkan skemata kata, bentuk kata, makna kata dan fungsi sintaksis dalam Perencanaan Ujaran; (9) problem mental berbahasa: mendengarkan dan berbicara serta membaca dan menulis Bahasa Indonesia; (10) konsep dasar dan mengidentifikasi problem mental mendengarkan--berbicara dan membaca—menulis sebagai aktivitas sosial yang melibatkan faktor mental kognitif pembicara—pendengar; (11) konsep dasar problematika mental kognitif dalam proses mendengarkan dan membaca ke dalam penyusunan instrumen penelitian mental kognitif dalam kegiatan berbahasa mendengarkan dan membaca (reseptif); dan (12) konsep dasar problematika mental kognitif dalam proses mendengarkan dan membaca ke dalam penyusunan instrumen penelitian mental kognitif dalam kegiatan berbahasa berbicara—menulis (produktif).
Capaian Pembelajaran
- Menguasai proses mental yang terjadi dalam proses pemerolehan, pemahaman, produksi ujaran serta kaitannya dengan gangguan neurologis dan biologis dalam berbahasa
- mengaplikasikan teori Psikolinguitik dalam menganalisis fenomena kebahasaan di sekitar
- Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik: Pengantar pemahaman bahasa manusia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
- Sudarwati, E., Perdhani, W. C., & Budiana, N. (2017). Pengantar psikolinguistik. Universitas Brawijaya Press.
- Traxler, M., & Gernsbacher, M. A. (Eds.). (2011). Handbook of psycholinguistics. Elsevier.
- Steinberg, D. D., & Sciarini, N. V. (2013). An introduction to psycholinguistics. Routledge.
- Traxler, M. J. (2011). Introduction to psycholinguistics: Understanding language science.
- Fernández, E. M., & Cairns, H. S. (2010). Fundamentals of psycholinguistics. John Wiley & Sons.
- Teacher: Febri Taufiqurrahman
- Enrolled students: 32
Guests cannot access this course. Please log in.