Enrolment options
Gasal 2018/2019
Kelas-Offr:
C-C
Deskripsi:
Konsep strategi pembelajaran, klasifikasi strategi pembelajaran, jenis strategi pembelajaran, metode pembelajaran sejarah, dasar dan kriteria pemilihan metode pembelajaran sejarah.
Capaian Pembelajaran
Mampu meliliki kemampuan konperhensif tentang strategi pembelajaran sejarah.
Mampu menjabarkan Kompetensi Dasar menjadi indikator dan tujuan pembelajaran yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter secara secara kritis, kreatif, inovatif dan kontekstual dengan memanfaatkan sumber belajar sejarah.
Mampu menerapkan kemampuan dasar guru dalam melaksanakan pembelajaran sejarah berdasar rancangan yang telah disusun.
Mampu melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran sejarah sesuai dengan kaidah yang berlaku.
Mampu melakukan refleksi pada akhir pembelajaran sejarah dalam mengembangkan wawasan pembelajaran sejarah yang menumbuhkan kesadaran sejarah.
Agung, Leo & Wahyuni, Sri. 2013. Perencanaan Pembelajaan Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Arends, R.I. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar, Buku Satu. Terjemahan oleh H.P.Soetjipto & S.M.Soetjipto. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Grup.
Aqib, Zaenal. 2014. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak
Sadiman, Arief S & Rahardjo Dkk. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Wahab, A.A. 2007. Metode dan Model-Model Mengajar IPS. Bandung: CV Alfabeta
Arends, R.I. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar, Buku Satu. Terjemahan oleh H.P.Soetjipto & S.M.Soetjipto. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Arsyad, Ashar. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud.
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Hill, Winfred F. 201b2. Theories of Learning (Teori-Teori Pembelajaran: Konsepsi, Komparasi dan Signifikansi). Bandung: Nusa Media
Hergenhahn, B.R & Olson, M.H. 2009. Theories of Learning (Teori Belajar). Terjemahan oleh Tri Wibowo. Jakarta: Kencana
Joyce, B; Weil, M; & Calhoun, E. 2009. Models of Teaching (Model-Model Pengajaran). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Illeris, Knud. 2011. Contemporary Theories of Learning (Teori-Teori Pembelajaran Kontemporer). Bandung: Nusa Media
Kochhar, S. K. 2008. Teaching of History (Pembelajaran Sejarah). Jakarta: Grasindo.
Nunuk, Suryani & Agung, Leo. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak
Purwanto, Edy. 2013. Strategi Pembelajaran Bidang Studi Geografi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sadiman, Arief . 1996. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Teacher: joko sayono