Enrolment options

Ilmu Kewarganegaraan dan Pendidikan Moral
Tahun Akademik:
Gasal 2025/2026
Kelas-Offr:
B-B
Deskripsi:
Matakuliah Ilmu Kewarganegaraan dan Pendidikan Moral berfokus pada upaya memberikan pemahaman secara menyeluruh, peningkatan motivasi belajar, serta pengembangan keterampilan mahasiswa sebagai calon guru PPKn yang memahami dasar keilmuan di bidang kewarganegaraan dan Pendiidkan Moral. Secara terperinci, matakuliah ini menyajikan materi tentang konsep dasar serta hakikat dari ilmu kewarganegaraan dan pendidikan moral, konsep dan perkembangan kewarganegaraan, konsep etika dan moralitas, konsep hak dan kewajiban warga negara Indonesia, hubungan antara kebijakan publik dengan partisipasi warga negara, isu-isu kontemporer di bidang kewarganegaraan dan moral, serta strategi penyusunan karya akademik dalam bentuk book chapter / artikel / poster edukasi / video dokumenter tentang isu-isu kewarganegaraan dan moral kontemporer
Capaian Pembelajaran
  • Menguasai konsep dan karakteristik ilmu kewarganegaraan
  • Mendudukkan ilmu kewarganegaraan dalam kerangka ilmu-ilmu sosial.
  • Menganalisis konsep warga negara dan kewarganegaraan dalam rangka menggali hak dan kewajiban yang melekat pada diri seorang warga negara dan aplikasikasinya dalam praktik kehidupan (ipoleksosbudhankam dan religius).
  • Menyosialisasikan hak dan kewajiban dalam kehidupan sejawat warga negara.
  • Memadukan konsep dasar moral, nilai, norma, dan sopan-santun secara holistik dalam kegiatan pendidikan karakter secara kurikuler, ekstrakurikuler, dan budaya sekolah; serta kehidupan keluarga dan masyarakat.
  • membandingkan prinsip-prinsip yang mendasari praktik pendidikan moral;
  • menganalisis sintaks pendidikan moral dari setiap prinsip yang mendasarinya;
Daftar Pustaka:
  • Al-Hakim, Suparlan, dkk. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan dalam Konteks Indonesia. Malang: UM Press.
  • Al –Hakim, Suparlan. 1985. Ilmu Kewarganegaraan (Kedudukan Ilmu Kewarganegaraan dan Hubungannya dengan Ilmu-ilmu soasial lainnya).Modul 057/IKn/1. Jakarta: Depdiknas. Dirjen Dikti UT PBJJ.
  • Al-Hakim, Suparlan. 1985. Kewarganegaraan. Malang: OPF IKIP Malang.
  • Cahyoto. 1994. Ilmu Kewarganegaraan : Suatu Pembahasan Sistematis Mengenai Kedudukan, Pendekatan, Metodologi dan Isi.Malang: Laboratorium PPKn.
  • Cholisin. 2002. Kewarganegaraan. Buku Diklat Kurikulum Terintegrasi. Yogyakarta. Puskur.
  • Hikan, A.S. Muhammad. 1999. Politik Kewarganegaraan. Jakarta: Erlangga.
  • Kymlika, Will. 2003. Kewarganegaraan Multikultural.Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia.
  • Paulus, B.P. 1983. Kewarganegaraan Indonesia ditinjau dari UUD 1945. Jakarta: Pradnya Paramita.
  • Somantri, Numan. 1976. Metode Mengajar Civics. Jakarta: Erlangga.
  • Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Indonesia. Jakarta: Sekjen MPR Republik Indonesia.
  • Darmadi, Hamid. 2009. Dasar Konsep Pendidikan Moral: Landasan Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
  • Hersh, R.H.,Miller, J.P. & Fielding,G.D. 1980. Models of Moral Education. New York: Longmanjnc.
  • Hidayatullah, M. Furqan, 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka
  • Joyce, B & Weil, M. 1980. Models of Teaching. New Jersey: Prentice-Hall Jnc.
  • Johnston, D. Kay. 2006. Education for A Caring Society: Classroom Relationships And Moral Action. New York: Teachers College, Columbia University.
  • Halstead, J. Mark, & Mark A. Pike. 2006. Citizenship and Moral Education. New York: Routledge.
  • Khan, D, Yahya, 2010. Pendidikan Karakter berbasis Potensi Diri Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: Pelangi
  • Kohlberg, L. I 976. The Cognitive Developmental Approach to Moral Education. Dalam David Purpel dan Kavin Ryan (Eds.). Moral Education. It comes with Terretory.California: McCuthan Publishing.
  • Koesoema, A. Doni, 2010. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak dijaman Global, Jakarta: Grasindo
  • Michelis, J.U. 1976. Social Studies for Children in a Democracy. New Jersey: Prentice-Halljnc.
  • Mulyana, Rohmat. 2011. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
  • Mulyadi, Seto. 2009. Peran pendidikan dalam membangun karakter anak dalam tinjauan berbagai aspek character building bagaimana mendidik anak berkarakter. Yogyakarta: Tiara Wacana
  • Mustakim, Bagus, 2011. Pendidikan Karakter Membangun Delapan Karakter emas menuju Indonesia bermartabat. Yogyakarta: Samudra biru
  • Newmann, F.M. 1975. Education for Citizen Action. California: McCuthan Publishing.
  • Nucci, Larry P. & Darcia Narvaez. 2008.Handbook of Moral and Character Education. New York: Routledge.
  • Rahman Muhammad. 2012. Kurikulum berkarakter refleksi dan proposal solusi terhadap KBK dan KTSP. Jakarta: Prestasi Pustaka
  • Raka Gede. At All. 2002. Pendidikan karakter disekolah dari gagasan ke tindakan.Jakarta:Elex media komputindo
  • Raths, L.E., Hamin, M & Simon, S.B. 1978. Values and Teaching: Working -with Values in Classroom. Columbus: Charles E. Merrill Publishingh Company. Savage, T.V. & Armstrong, D.G. 1996. Effective Teaching in Elementary Social Studies.New Jersey: Englewood Cliffs.
IKN